Penerapan gamifikasi pada permainan edukasi limbah pangan berbasis web

Show simple item record

dc.contributor.author Bunardy, Rafael Olsen
dc.contributor.author Saputro, Nico
dc.contributor.author Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Wahab, Faisal
dc.date.accessioned 2023-04-04T08:38:55Z
dc.date.available 2023-04-04T08:38:55Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other maklhsc759
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14790
dc.description Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Teknik Elektro 2021. Oktober 2021. p. 128-136. en_US
dc.description.abstract Salah satu tantangan terbesar ketahanan pangan di Indonesia adalah banyaknya limbah/saampah pangan (food waste) sehingga diperlukan intervensi yang cepat dan menyeluruh. Salah satu upaya yang selama ini dilakukan oleh Universitas Katolik Parahyangan adalah dengan memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat khususnya anak sekolah dalam bentuk permainan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah dan melibatkan peserta dalam jumlah besar. Namun, kegiatan ini terpaksa dihentikan sementara waktu akibat pandemi Covid-19. Agar proses edukasi dapat terus dilakukan, permainan ini perlu disesuaikan agar proses edukasi tetap dapat dilakukan dalam kondisi pandemi. Oleh karena itu, pada penelitian ini diterapkan gamifikasi pada permainan berbasis web sehingga kendala dari permainan dapat diminimalisir tanpa mengubah konsep dan tujuan permainan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berbasis web yang dibangun sudah sesuai dengan konsep dari permainan awal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher FORTEI en_US
dc.subject FOOD WASTE en_US
dc.subject GAMIFIKASI en_US
dc.subject PERMAINAN BERBASIS WEB en_US
dc.title Penerapan gamifikasi pada permainan edukasi limbah pangan berbasis web en_US
dc.type Conference Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account