Pengaruh Cash Conversion Cycle dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas : studi kasus perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Maratno, Sylvia Fettry Elvira
dc.contributor.author Risnantini, Tira
dc.date.accessioned 2023-03-29T02:28:27Z
dc.date.available 2023-03-29T02:28:27Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42815
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14716
dc.description 24640 - FE en_US
dc.description.abstract Seiring dengan perkembangan zaman perubahan perekonomian global secara tidak langsung berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Perubahan perekonomian secara global menciptakan persaingan ketat antar perusahaan sehingga perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya dari segi pengelolaan perusahaan. Dalam pengelolaan perusahaan tentunya harus sejalan dengan tujuan perusahaan. Setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda, salah satu tujuan umum yang menjadi fokus utama perusahaan adalah memuaskan pemegang saham dengan cara meningkatkan nilai perusahaan serta mendapatkan laba yang maksimal. Langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai perusahaan adalah meningkatkan profitabilitas perusahaan. Profitabilitas dapat meningkat dengan manajemen modal kerja yang baik. Manajemen modal kerja yang diukur dengan menggunakan Cash Conversion Cycle (CCC) yang terdiri dari Days Sales outstanding (DSO), Days Sales Inventory (DSI) dan Days Payable Outstanding (DPO). Selain itu ukuran perusahaan juga mempengaruhi profitabilitas. Semakin besar ukuran perusahaan akan meningkatkan kepercayaan investor, karena akan perusahaan akan semakin dikenal masyarakat sehingga akan memudahkan investor untuk mendapatkan informasi. Penelitian ini meneliti pengaruh CCC dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menetapkan tiga kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda, regeresi linear sederhana dan data panel. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian adalah uji asumsi klasik, statistik deskriptif, pengujian hipotesis meliputi uji statistik t, uji statistik F, koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DSO tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, DSI berpengaruh terhadap profitabilitas, DPO tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan CCC berpengaruh terhadap profitabilitas. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan DSO, DSI, DPO, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Days Sales Outstanding (DSO) en_US
dc.subject Days Sales Inventory (DSI) en_US
dc.subject Days Payable Outstanding (DPO) en_US
dc.subject Ukuran Perusahaan en_US
dc.subject Cash Conversion Cycle (CCC). en_US
dc.title Pengaruh Cash Conversion Cycle dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas : studi kasus perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017130001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428107901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account