dc.contributor.advisor |
Maratno, Sylvia Fettry Elvira |
|
dc.contributor.author |
Risnantini, Tira |
|
dc.date.accessioned |
2023-03-29T02:28:27Z |
|
dc.date.available |
2023-03-29T02:28:27Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.other |
skp42815 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/14716 |
|
dc.description |
24640 - FE |
en_US |
dc.description.abstract |
Seiring dengan perkembangan zaman perubahan perekonomian global secara tidak
langsung berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Perubahan
perekonomian secara global menciptakan persaingan ketat antar perusahaan sehingga
perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya dari segi pengelolaan perusahaan.
Dalam pengelolaan perusahaan tentunya harus sejalan dengan tujuan perusahaan.
Setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda, salah satu tujuan
umum yang menjadi fokus utama perusahaan adalah memuaskan pemegang saham
dengan cara meningkatkan nilai perusahaan serta mendapatkan laba yang maksimal.
Langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai perusahaan adalah
meningkatkan profitabilitas perusahaan. Profitabilitas dapat meningkat dengan
manajemen modal kerja yang baik. Manajemen modal kerja yang diukur dengan
menggunakan Cash Conversion Cycle (CCC) yang terdiri dari Days Sales outstanding
(DSO), Days Sales Inventory (DSI) dan Days Payable Outstanding (DPO). Selain itu
ukuran perusahaan juga mempengaruhi profitabilitas. Semakin besar ukuran
perusahaan akan meningkatkan kepercayaan investor, karena akan perusahaan akan
semakin dikenal masyarakat sehingga akan memudahkan investor untuk mendapatkan
informasi. Penelitian ini meneliti pengaruh CCC dan ukuran perusahaan terhadap
profitabilitas.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder
yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah
perusahaan sub sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan purposive sampling
dengan menetapkan tiga kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah metode
regresi linear berganda, regeresi linear sederhana dan data panel. Uji statistik yang
digunakan dalam penelitian adalah uji asumsi klasik, statistik deskriptif, pengujian
hipotesis meliputi uji statistik t, uji statistik F, koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DSO tidak berpengaruh
terhadap profitabilitas, DSI berpengaruh terhadap profitabilitas, DPO tidak
berpengaruh terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap
profitabilitas dan CCC berpengaruh terhadap profitabilitas. Selain itu, hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa secara simultan DSO, DSI, DPO, dan ukuran perusahaan
berpengaruh terhadap profitabilitas. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
Days Sales Outstanding (DSO) |
en_US |
dc.subject |
Days Sales Inventory (DSI) |
en_US |
dc.subject |
Days Payable Outstanding (DPO) |
en_US |
dc.subject |
Ukuran Perusahaan |
en_US |
dc.subject |
Cash Conversion Cycle (CCC). |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Cash Conversion Cycle dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas : studi kasus perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020 |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2017130001 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0428107901 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI604#Akuntansi |
|