Abstract:
Ramen merupakan mi kuah khas Jepang yang terdiri dari mi yang dibuat dari gandum, daging,
kaldu ikan, dan dibumbui miso atau kecap. Ramen sudah menjadi salah satu kuliner asal Jepang
yang sukses di berbagai negara. Negara lain pun banyak memodifikasi rasa ramen ini agar dapat
menyesuaikan dengan selera masyarakat di negaranya. Opini atau pendapat dari pelanggan di
berbagai website dan social media menjadi salah satu "kunci" bagi para pemilik bisnis ramen
untuk menyajikan ramen yang diminati oleh masyarakat dinegaranya.
Dalam praktiknya untuk menemukan jenis rasa ramen yang disukai oleh masyarakat diperlukan
analisis tentang rasa ramen melalui review atau ulasan yang diunggah oleh para
penikmat kuliner di Indonesia. Oleh karena itu untuk membantu masyarakat yang ingin melihat
hasil review terhadap ramen mereka, akan dilakukan analisis statistik dan analisis sentimen
pada data review ramen berbahasa Indonesia dengan menggunakan teknologi yang sesuai dan
dengan menerapkan tahapan-tahapan data science. Analisis statistik digunakan untuk melihat
hubungan faktor-faktor yang ada untuk meningkatkan penjualan ramen. Sedangkan analisis
sentimen merupakan salah satu contoh pengaplikasian dari Natural Language Processing (NLP)
yang akan digunakan untuk menilai emosi positif atau negatif para penikmat ramen terhadap
ramen yang dibeli. Analisis sentimen ini akan menghasilkan sebuah model klasifikasi yang akan
dipilih melalui berbagai macam tahapan evaluasi terhadap algoritma-algoritma yang digunakan.
Algoritma yang akan diuji pada pemodelan ini adalah logistic regression, decision tree, support
vector machine, naive bayes, random forest. Dan hasil yang didapatkan menunjukan bahwa
algoritma random forest dengan jumlah pohon 90 memiliki nilai akurasi yang terbaik dalam
mengklasifikasikan sebuah ulasan ramen termasuk ke dalam ulasan positif atau negatif, dengan
nilai akurasi sebesar 85.2% . Model klasifikasi tersebut akan digunakan pada perangkat lunak
Ramen’s Sentiment Analyzer yang ditujukan kepada para pemilik usaha ramen untuk membantu
melihat tingkat kepuasan para pelanggan pada ramen yang mereka buat.
Skripsi ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat menganalisis
ulasan dan memanfaatkan hasil analisis untuk memberikan informasi yang dapat membantu para
pemilik usaha ramen meningkatkan penjualan ramen. Dengan menggunakan perangkat lunak
tersebut, pengguna dapat melihat nilai sentimen dari sekumpulan teks ulasan ramen berbahasa
Indonesia dan memanfaatkan hasil analisis sentimen tersebut untuk usaha ramennya.