Abstract:
Menggambar merupakan suatu hobi sebagai media untuk berekspresi dengan
cara menuangkan ide-ide kita ke dalam suatu media. Kegiatan menggambar yang
dilakukan di rumah masih belum dapat memberikan kenyamanan secara maksimal,
contohnya area menggambar yang mengharuskan seseorang untuk membungkuk
menyesuaikan permukaannya. Adapun salah satu alat yang digunakan untuk mendukung
aktivitas menggambar yaitu papan gambar, yang berfungsi sebagai alas kerja, namun
papan gambar yang ada sekarang belum dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan
maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang papan gambar lipat
menggunakan metode user centered design.
Metode tersebut digunakan karena menggunakan kebutuhan pengguna sebagai
pondasi utama dalam prosesnya. Tahap pertama yaitu research users, bertujuan untuk
mengidentifikasi kebutuhan pengguna dengan melakukan wawancara. Kemudian ada
tahap assess the situation untuk mengetahui kondisi lingkungan yang berhubungan
dengan produk. Dilanjutkan dengan balance needs yang menggunakan relative
importance untuk menyeleksi kebutuhan pengguna. Lalu tahap build an operative image
dihasilkan ide berupa desain papan gambar lipat dan dibuat dalam bentuk low fidelity
prototype serta high fidelity prototype.
Papan gambar lipat yang dihasilkan terbuat dari kayu, memiliki fitur adjustable
kemiringan, dan tempat meletakkan serta menyimpan peralatan gambar. Pada tahap
terakhir dilakukan pengujian untuk aspek functionality dan usability. Hasil pengujian dari
aspek functionality menunjukkan bahwa papan gambar lipat dapat memenuhi 22
kebutuhan pengguna teridentifikasi. Kemudian pada usability testing dilakukan task
completion untuk menguji kriteria effectiveness dan didapatkan nilai sebesar 96%, lalu
dilakukan penilaian menggunakan USE questionnaire dengan skala 1-7 dan didapatkan
nilai untuk usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction berturut-turut yaitu
6,146, 6,678, 7, dan 6,595.