Usulan perbaikan aplikasi bank digital berdasarkan ulasan konsumen dengan metode text mining

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryadi, Dedy
dc.contributor.author Padlan, Kevin Owen
dc.date.accessioned 2023-02-28T07:24:16Z
dc.date.available 2023-02-28T07:24:16Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42562
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14524
dc.description 6041 - FTI en_US
dc.description.abstract Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya transformasi digital dengan adanya regulasi pemerintah mengenai pembatasan sosial. Salah satu sektor yang terpengaruh oleh transformasi digital yaitu perbankan dalam produk bank digital yang didukung oleh OJK melalui Peraturan OJK Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Produk Bank Umum. Bank digital memiliki manfaat bagi perbankan maupun nasabah serta potensi bank digital yang masih dapat ditingkatkan, sehingga perbaikan dilakukan agar dapat meningkatkan kinerja aplikasi bank digital berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasan aspek yang ditentukan dari ulasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode text mining dan opportunity algorithm dalam menemukan usulan perbaikan. Tahap pertama dilakukan pengumpulan data ulasan konsumen pada website Google Play Store dengan metode web scraping. Tahap kedua dilakukan identifikasi aspek dari bank digital dengan Latent Dirichlet allocation (LDA). Tahap ketiga dilakukan analisis sentimen dengan lexicon SenticNet 5 berdasarkan pasangan kata yang diperoleh dari dependency tree. Tahap keempat dilakukan perhitungan importance dan satisfaction serta pemetaan aspek pada opportunity landscape map. Pada model LDA, dihasilkan 5 aspek pada aplikasi bank digital. Pada analisis sentimen yang dilakukan, diperoleh sentimen dari kata kunci yang berasal dari ulasan konsumen yang difokuskan pada aplikasi Motion Banking. Pada pemetaan opportunity landscape map, aspek experience merupakan aspek yang berada pada area underserved sehingga usulan perbaikan dilakukan pada aspek experience. Terdapat 9 usulan yang dihasilkan bagi Aplikasi Motion Banking, di mana terdapat 7 usulan yang diterima dan 2 usulan yang masih harus dipertimbangkan oleh pengembang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Bank Digital en_US
dc.subject Text Mining en_US
dc.subject Opportunity Algorithm en_US
dc.title Usulan perbaikan aplikasi bank digital berdasarkan ulasan konsumen dengan metode text mining en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801139
dc.identifier.nidn/nidk NPM6131801139
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account