dc.description.abstract |
Care X adalah salah salu care berkonsep casual dining yang lerletak di daerah
Mangga Besa,, Jakar1a Baratdan lelah berdlrl sejak tahun 2016. Pendapatan Cafe X terus
menurun setiap tahunnya sejak tahun 2018 hingga saal lni dan pemilik belum berhasll
merumuskan langkah perbalkan untuk mengatasi permasalahan tersebul Setelah dilelaah
lebih dalam, banyaknya keluhan konsumen lerkalt kuahtas layanan diduga menjadl
penyebab penurunan pendapatan c are X. Oleh karena ltu, perlu dilakukan perbaikan
kuahtas layanan untuk mengatasi permasalahan penurunan penjualan yang dlalaml oleh
care X. Kualilas layanan Care X akan diukur darl kepuasan konsumen terhadap kualitas
layanan yang dlrasakan. Penentuan atribul penelltlan terleblh dahutu dllakukan
berdasarkan Dining Service (0 INESERV). studl llleratur. serta wawancara konsumen dan
pemillk. Sehingga. 28 atnbul penelitian diperoteh dan disusun pada kuesicner yang
dlsebarkan. Sebanyak 153 responden digunakan untuk pengolahan data dengan metode
Improvement Gap Analysis (IGA) unluk menunjukkan seberapa besar kepuasan yang
dlperoleh bila alribul ditingkalkan sesuai kelnglnan konsumen Care X. Hasil metode IGA
membagi 28 alribut pada empal kuadran yang menunjukkan pnoritas perbaJkan yang akan
dllakukan. Dldapalkan 8 atribul kuatitas layanan Cafe X yang menjadl priorllas utama
perbaikan yallu pakalan karyawan, lnformasl dan kemenarikan menu. keberslhan area
makan dan toilet,. k&cep~tan dalam mempetbaiki kesatahan, ket:esuai:in penyaj,an
makanan dan minuman deng"n pesanan, kemampuan karyawan dalam menJelaskan
menu, kompetensl karyawan, dan slkap keramahan karyawan untuk kemudlan dllakukan
pencarian akar masalah. Sebanyak 18 usulan perbalkan diajukan untuk menlngkalkan
kuahtas layanan Care X sepertl menyediakan seragam, membual menu baru, menerapkan
instruksi kerja, memasang outdoor dining table canopy. lembar checklist harian keberslhan
toilet, visual displaylarangan menglnjak lempal dudukan tollel penambahan Jumlah waller.
penomoran di seliap meja makan, pelatihan karyawan secara rulin, inslruksl kerja 5S,
penerapan reward and punishment sys/em. dan sebagalnya. 01 anlara 17 usulan
perbalkan yang dlajukan, 1 usulan dlperllmbangkan. dan 1 usulan ditolak sehingga 15
usulan perbaikan lainnya dtterima. |
en_US |