Usulan perbaikan pada toko elektronik Sinar Surya berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat beli ulang konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Widjaja, Adeline Louisa
dc.date.accessioned 2023-02-22T02:18:55Z
dc.date.available 2023-02-22T02:18:55Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42537
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14476
dc.description 6016 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko Sinar Surya merupakan sebuah toko elektronik offline yang telah beroprasi telah berdiri selama 28 tahun. Namun, pada 10 tahun terakhir, Toko Sinar Surya mengalami penurunan dalam rata-rata jumlah transaksi bulanan per tahun dan rata-rata pendapatan kotor bulanan per tahun. Berdasarkan hasil identifikasi masalah, sebesar 60% pengunjung yang baru pertama kali berbelanja tidak memiliki keinginan untuk kembali mengunjungi, sehingga diduga penurunan yang terjadi pada Toko Sinar Surya disebabkan karena rendahnya niat beli ulang konsumen. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat beli ulang konsumen dalam membeli barang elektronik secara offline dan tingkat niat beli ulang konsumen pada Toko Sinar Surya. Langkah awal pada penelitian dimulai dengan penentuan variabel dan atribut yang memengaruhi niat beli ulang berdasarkan penelitian serupa sebelumnya dengan mempertimbangkan hasil wawancara konsumen. Pada model penelitian terdiri dari variabel perceived value, kualitas pelayanan, kualitas produk, citra toko, dan kepuasan konsumen. Untuk pengumpulan data dilakukan penyebaran kuesioner secara offline dan online serta wawancara lanjutan kepada responden. Melalui penyebaran data didapatkan 188 data untuk dilakukan pengolahan. Metode pengolahan yang digunakan adalah Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS untuk evaluasi model pengukuran dan evaluasi model struktural. Sedangkan, untuk mengukur tingkat niat beli ulang pada Toko Sinar Surya dilakukan perhitungan rata-rata variabel. Hasil evaluasi pengujian model pengukuran dinyatakan reliabel dan valid setelah adanya penghapusan indikator. Untuk evaluasi model struktural berdasarkan path coefficient, total effect, dan uji signifikansi didapatkan sebuah variabel yang memengaruhi niat beli ulang secara langsung, yaitu kepuasan konsumen dan empat buah variabel yang memengaruh niat beli ulang secara tidak langsung, yaitu perceived value, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra toko. Pada penelitian dihasilkan 13 buah usulan yang telah didiskusikan dan diterima Toko Sinar Surya en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan pada toko elektronik Sinar Surya berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat beli ulang konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801015
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account