Evaluasi dan perancangan ulang interface aplikasi BOS (Batam Online Supermarket) menggunakan usability testing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Lay, Ririn Eastrine
dc.date.accessioned 2023-02-21T07:39:04Z
dc.date.available 2023-02-21T07:39:04Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42535
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14474
dc.description 6014 - FTI en_US
dc.description.abstract Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dihimbau untuk sebisa mungkin melakukan kegiatan berbelanja secara online. Salah satu aplikasi belanja online yang dapat digunakan oleh warga Batam ialah Batam Online Supermarket (BOS). Kendati memiliki jadwal evaluasi aplikasi bulanan secara internal, ditemukan 15 permasalahan terkait usability pada studi pendahuluan terhadap aplikasi BOS. Rating aplikasi di Google Play Store juga cukup rendah, yaitu 3,9/5 dengan total pengunduh hanya sebanyak lebih dari 5.000 pengguna. Berdasarkan hal ini, maka diperlukan evaluasi terhadap interface aplikasi BOS agar dapat bersaing dengan aplikasi e-commerce lain dengan melakukan usability testing Kegiatan evaluasi melibatkan 8 orang partisipan yang mengerjakan 6 buah tugas dalam 5 kali repetisi. Efficiency dan effectiveness diukur dengan metode task completion, usefulness dan satisfaction menggunakan Computerized System Usability Questionnaire (CSUQ) yang didukung dengan post-interview, dan learnability diukur dengan analisis kualitatif terhadap grafik learning curve dan kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use (USE) bagian ease of learning. Evaluasi ini menghasilkan nilai efficiency sebesar 18,75%, effectiveness sebesar 64,58%, usefulness yang cukup baik dan bernilai 5,1/7, satisfaction bernilai 70,9/100, dan learnability yang buruk berdasarkan analisis kualitatif dan bernilai 6,44/7. Evaluasi ini juga mendapatkan total 36 usability problems yang perlu diperbaiki dan diterapkan pada interface aplikasi BOS usulan. Mayoritas perbaikan yang dilakukan pada interface aplikasi berupa penambahan fitur dan alur penggunaan aplikasi. Setelah diperbaiki, didapatkan nilai kriteria usability yang membaik. Nilai efficiency didapatkan sebesar 95,83%, effectiveness sebesar 97,92%, usefulness yang baik dan bernilai 6,7/7, satisfaction bernilai 96,5, dan learnability yang sangat baik dengan singkatnya waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mencapai kondisi penggunaan yang stabil dan bernilai 6,79/7. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa interface aplikasi BOS usulan telah memiliki kriteria usability yang baik en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan perancangan ulang interface aplikasi BOS (Batam Online Supermarket) menggunakan usability testing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm skp42535
dc.identifier.nim/npm NPM6131801004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account