dc.description.abstract |
Ngasep merupakan toko online yang berfokus dalam produksi dan penjualan
makanan daging asap frozen secara online melalui ecommerce Tokopedia yang
berlokasi di Gading Serpong, Tangerang dan sudah berdiri sejak September 2020. Pada
bulan Juni 2021 hingga Agustus 2021 didapatkan bahwa Ngasep sedang mengalami
penurunan tingkat penjualan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan didapatkan
bahwa salah satu faktor yang menyebabkan penurunannya tingkat penjualan adalah
tidak terdapatnya strategi pemasaran pada toko online Ngasep. Sejak berdiri, pemilik
usaha hanya mengandalkan kegiatan pemasaran melewati program iklan yang
disediakan oleh Tokopedia saja karena minimnya informasi mengenai target pasar dan
strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan sehingga menyebabkan keraguan untuk
mencoba upaya lain selain mengandalkan Tokopedia. Maka dari itu, toko online Ngasep
memerlukan perancangan strategi pemasaran yang tepat dalam upaya meningkatkan
penjualan toko online Ngasep serta bertahan dalam menghadapi ketidakpastian pasar.
Tahap pertama dalam penelitian yang dilakukan adalah melakukan identifikasi kondisi
toko online Ngasep guna untuk mengetahui strategi bisnis yang saat ini diterapkan oleh
toko online Ngasep. Lalu, dilanjutkan dengan melakukan pengumpulan data melalui
penyebaran kuesioner secara online guna untuk menentukan segmenting, targeting, dan
positioning konsumen daging asap beku di Indonesia. Selanjutnya, analisis lingkungan
toko online Ngasep juga dilakukan dalam menentukan faktor eksternal dan internal usaha
dengan melakukan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa
strategi yang tepat digunakan adalah strategi pemasaran intensif. Perancangan usulan
strategi menggunakan metode e-marketing mix yang terdiri dari 11 aspek yaitu product,
price, place, promotion, personalization, privacy, customer service, community, site,
security, dan sales promotion. Usulan strategi yang dirancang akan berdasarkan profil
dan perilaku yang dimiliki oleh segmen 1 (impulsive buyer) sebagai segmen terpilih
dengan mempertimbang faktor internal serta faktor eksternal dari toko online Ngasep. |
en_US |