Perancangan usulan strategi pemasaran online shop Ngasep

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.advisor Budiono, Arip
dc.contributor.author Pribadi, Muhammad Erlangga Aditya Sukma
dc.date.accessioned 2023-02-16T04:57:30Z
dc.date.available 2023-02-16T04:57:30Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42513
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14452
dc.description 5992 - FTI en_US
dc.description.abstract Ngasep merupakan toko online yang berfokus dalam produksi dan penjualan makanan daging asap frozen secara online melalui ecommerce Tokopedia yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang dan sudah berdiri sejak September 2020. Pada bulan Juni 2021 hingga Agustus 2021 didapatkan bahwa Ngasep sedang mengalami penurunan tingkat penjualan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan didapatkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan penurunannya tingkat penjualan adalah tidak terdapatnya strategi pemasaran pada toko online Ngasep. Sejak berdiri, pemilik usaha hanya mengandalkan kegiatan pemasaran melewati program iklan yang disediakan oleh Tokopedia saja karena minimnya informasi mengenai target pasar dan strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan sehingga menyebabkan keraguan untuk mencoba upaya lain selain mengandalkan Tokopedia. Maka dari itu, toko online Ngasep memerlukan perancangan strategi pemasaran yang tepat dalam upaya meningkatkan penjualan toko online Ngasep serta bertahan dalam menghadapi ketidakpastian pasar. Tahap pertama dalam penelitian yang dilakukan adalah melakukan identifikasi kondisi toko online Ngasep guna untuk mengetahui strategi bisnis yang saat ini diterapkan oleh toko online Ngasep. Lalu, dilanjutkan dengan melakukan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online guna untuk menentukan segmenting, targeting, dan positioning konsumen daging asap beku di Indonesia. Selanjutnya, analisis lingkungan toko online Ngasep juga dilakukan dalam menentukan faktor eksternal dan internal usaha dengan melakukan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa strategi yang tepat digunakan adalah strategi pemasaran intensif. Perancangan usulan strategi menggunakan metode e-marketing mix yang terdiri dari 11 aspek yaitu product, price, place, promotion, personalization, privacy, customer service, community, site, security, dan sales promotion. Usulan strategi yang dirancang akan berdasarkan profil dan perilaku yang dimiliki oleh segmen 1 (impulsive buyer) sebagai segmen terpilih dengan mempertimbang faktor internal serta faktor eksternal dari toko online Ngasep. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan usulan strategi pemasaran online shop Ngasep en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610093
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426118602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account