Abstract:
Kebutuhan mencerminkan ada perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan, dan secara naluriah kebutuhan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya. Salah satu cara dalam memenuhi setiap kebutuhan manusia yang beragam tersebut adalah dengan mendapatkan uang dengan cara bekerja. Dengan bekerja, maka kita akan mendapatkan gaji atau upah. Dimana dari gaji yang kita dapatkan tersebut dapat digunakan dalam memenuhi setiap kebutuhan kita. Namun, sebelum menerima gaji, kita sebagai penerima gaji harus mendapatkan kejelasan informasi tentang nominal gaji yang kita terima, seperti gaji pokok, tunjangan, dan lain sebagainya.
Dokumen digunakan untuk mencatat suatu transaksi pada secarik kertas untuk menghasilkan suatu informasi tertentu, khususnya dokumen pada siklus penggajian. Dokumen yang baik diharapkan dapat memenuhi karakteristik seperti nama dokumen, pemanfaatan tembusan, dan sebagainya. Sehingga dokumen tersebut akan menghasilkan informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan. Informasi yang berkualitas memiliki tujuh karakteristik, yaitu: 1.Relevant, 2.Reliable, 3.Complete, 4.Timely, 5.Understandable, 6.Verifiable, 7.Accesible. Informasi yang dihasilkan dari dokumen penggajian berguna bagi pihak manajemen ataupun pihak lainnya yang membutuhkan. Pada siklus penggajian terdapat fungsi-fungsi yang terkait, seperti fungsi kepegawaian, fungsi pencatatan waktu, dan sebagainya. Dokumen yang digunakan pada siklus penggajian salah satunya meliputi rekapitulasi daftar gaji.
Penelitian dilakukan di V Hotel and Residence Bandung yang bergerak di bidang jasa perhotelan. Metode penelitian yang digunakan adalah hypothetico-deductive method. Rumusan hipotesis penelitian yaitu “Dokumen berperan terhadap kualitas informasi perhitungan gaji pada siklus penggajian”. Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel independen adalah peranan dokumen (X), dan variabel dependen adalah kualitas informasi perhitungan gaji (Y). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh peneliti melalui wawancara terkait dokumen dan prosedur siklus penggajian yang digunakan di V Hotel and Residence Bandung, dan data sekunder yang diperoleh peneliti melalui literatur buku ekonomi dan sumber lain yang berkaitan dan mendukung data primer penelitian. Causal study atau hypothesis testing merupakan purpose of the study penelitian. Peneliti melakukan penelitian dengan kondisi noncontrived setting (field study) sebagai study setting. Tujuan penelitian adalah untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan peneliti.
Dokumen penggajian yang digunakan di V Hotel and Residence Bandung sesuai hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, yaitu attendance record per department, absensi karyawan, authentication log list, formulir permohonan cuti, dan formulir permohonan extra off/public holiday. Menurut peneliti peranan aktivitas pengendalian dokumen pada siklus penggajian yang terdapat di V Hotel and Residence Bandung sudah cukup memadai, karena tanpa ada dokumen, kualitas informasi yang disajikan untuk perhitungan gaji dapat terhambat. Namun, berdasarkan hasil temuan yang peneliti lakukan masih terdapat dokumen yang belum menerapkan pranomor dan slip gaji belum diberikan kepada setiap karyawan per bulan, slip gaji hanya diberikan apabila ada karyawan yang membutuhkan informasi slip gaji untuk keperluan pribadi. Temuan penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai dasar bagi V Hotel and Residence Bandung untuk meningkatkan kualitas informasi perhitungan gaji periode selanjutnya.