dc.description.abstract |
Suatu usaha atau bisnis pasti akan selalu memberikan yang terbaik untuk menarik konsumen untuk datang berbelanja sehingga dapat meningkatkan penjualannya dan dapat bersaing dengan kompetitor. Target dari setiap usaha adalah kepuasan konsumen dan juga loyalitas dari konsumen. Untuk dapat mencapai hal tersebut perlu diketahui mengenai faktor-faktor apa saja yang membuat konsumen datang dan memutuskan untuk membeli pada suatu usaha. Toko X merupakan toko yang menjual kebutuhan pertanian kepada para petani yang berada di Kota Garut dan mengalami stagnasi penjualan karena banyak pelanggan yang berpindah ke kompetitor dan juga tidak banyak pelanggan baru yang datang untuk berbelanja. Hal ini mengindikasikan bahwa ada suatu faktor yang tidak dipenuhi Toko X sehingga membuat para petani yang berbelanja berpindah kepada kompetitor dan membuat Toko X sulit untuk mendapatkan pelanggan pelanggan baru. Terlebih lagi dengan kondisi perekonomian yang menurun dan menimpa seluruh bisnis usaha akibat dari COVID-19. Untuk dapat bertahan dan mampu bersaing dengan kompetitor, maka Toko X harus dapat menarik pelanggan untuk dapat membeli di tokonya. Penelitian ini berfokus kepada faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu faktor harga, produk, kualitas pelayanan, lokasi, dan promosi dengan menggunakan PLS-SEM. Pengolahan data dengan PLS-SEM akan meliputi pengujian terhadap reliabilitas dan validitas data dan evaluasi model struktural untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Didapatkan hasil bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan adalah harga, produk, dan kualitas pelayanan. Usulan perbaikan yang diberikan terhadap faktor-faktor tersebut adalah dengan meningkatkan percepatan perputaran barang dengan taking profit yang rendah agar dapat menarik pembeli untuk datang berbelanja, melakukan penambahan variasi produk, dan penambahan kuantitas dari produk agar Toko X dapat mengembangkan usahanya. |
en_US |