Usulan perbaikan Toko X berdasarkan faktor yang dipertimbangkan petani dalam memilih Toko Tani

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Surono, Steven
dc.date.accessioned 2023-02-13T03:50:16Z
dc.date.available 2023-02-13T03:50:16Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42498
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14434
dc.description 5977 - FTI en_US
dc.description.abstract Suatu usaha atau bisnis pasti akan selalu memberikan yang terbaik untuk menarik konsumen untuk datang berbelanja sehingga dapat meningkatkan penjualannya dan dapat bersaing dengan kompetitor. Target dari setiap usaha adalah kepuasan konsumen dan juga loyalitas dari konsumen. Untuk dapat mencapai hal tersebut perlu diketahui mengenai faktor-faktor apa saja yang membuat konsumen datang dan memutuskan untuk membeli pada suatu usaha. Toko X merupakan toko yang menjual kebutuhan pertanian kepada para petani yang berada di Kota Garut dan mengalami stagnasi penjualan karena banyak pelanggan yang berpindah ke kompetitor dan juga tidak banyak pelanggan baru yang datang untuk berbelanja. Hal ini mengindikasikan bahwa ada suatu faktor yang tidak dipenuhi Toko X sehingga membuat para petani yang berbelanja berpindah kepada kompetitor dan membuat Toko X sulit untuk mendapatkan pelanggan pelanggan baru. Terlebih lagi dengan kondisi perekonomian yang menurun dan menimpa seluruh bisnis usaha akibat dari COVID-19. Untuk dapat bertahan dan mampu bersaing dengan kompetitor, maka Toko X harus dapat menarik pelanggan untuk dapat membeli di tokonya. Penelitian ini berfokus kepada faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu faktor harga, produk, kualitas pelayanan, lokasi, dan promosi dengan menggunakan PLS-SEM. Pengolahan data dengan PLS-SEM akan meliputi pengujian terhadap reliabilitas dan validitas data dan evaluasi model struktural untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Didapatkan hasil bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan adalah harga, produk, dan kualitas pelayanan. Usulan perbaikan yang diberikan terhadap faktor-faktor tersebut adalah dengan meningkatkan percepatan perputaran barang dengan taking profit yang rendah agar dapat menarik pembeli untuk datang berbelanja, melakukan penambahan variasi produk, dan penambahan kuantitas dari produk agar Toko X dapat mengembangkan usahanya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan Toko X berdasarkan faktor yang dipertimbangkan petani dalam memilih Toko Tani en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610038
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account