Abstract:
Perusahaan X merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang garmen. Perusahaan X telah mendirikan perusahaannya selama 8 tahun dari tahun 2014. Perusahaan X menawarkan produknya yang berupa kaus kaki, handuk, dan pakaian dalam kepada toko-toko yang ada di seluruh Indonesia. Pandemi COVID-19 yang masuk ke Indonesia menyebabkan perusahaan X mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Pada kesempatan ini perusahaan X ingin memperluas pasar dan mengurangi biaya-biaya yang dapat diminimasi. Perusahaan X ingin menjual produknya khususnya kaus kaki pada platform e-commerce Tokopedia. Sebelum melakukan penjualan produk pada Tokopedia perusahaan X harus membedah apa strategi yang tepat agar dapat menguasai pasar kaus kaki pada pasar online. Perusahaan X diperlukan untuk menentukan segmentasi pasar dilanjutkan dengan target pasar dan posisi perusahaan X pada pasar tersebut. Selain dari menentukan segmentasi, target, dan posisi pasar perusahaan X perlu mengidentifikasi beberapa kompetitor yang sudah berdiri pada Tokopedia dan melakukan penjualan khususnya kaus kaki. Selain dari mengidentifikasi kompetitor perusahaan X dapat menggunakan analisis SWOT dengan tujuan mengambil keputusan yang tepat untuk strategi yang digunakan perusahaan X yaitu E-Marketing Mix yang akan diterapkan pada Tokopedia demi mengurangi biaya inventori dari produk yang menumpuk pada gudang perusaaan X dan meminimasi biaya untuk menawarkan barang secara door to door. Perusahaan X ingin mengubah cara transaksi toko-toko yang sering membeli produk perusahaan X secara offline sehingga toko-toko tersebut dapat membeli produk di Tokopedia. Terdapat usulan untuk perusahaan yaitu menjual dan mendekorasi mengenai produk, penjualan pada Tokopedia, memberikan rentang harga 10-15 ribu rupiah, membuat promosi untuk produk dijual, membangun personalisasi toko, memberikan privasi dan keamanan bertransaksi, menghias halaman toko pada Tokopedia, melayani konsumen dengan baik.