Perancangan aplikasi penunjang persiapan dan pelaksanaan usaha pada marketplace e-commerce menggunakan pendekatan User-Centered Design

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Heriawan, Nicholas Shaul
dc.date.accessioned 2023-02-13T02:09:33Z
dc.date.available 2023-02-13T02:09:33Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42494
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14429
dc.description 5973 - FTI en_US
dc.description.abstract E-commerce merupakan salah satu jenis dari ekonomi digital yang digunakan untuk proses pembelian, penjualan, transfer, dan bertukar produk, jasa atau informasi. Pengguna e-commerce di Indonesia semakin meningkat dan menjadi pengguna terbanyak e-commerce di dunia dengan mencapai nilai transaksi sebesar 266,3 triliun rupiah pada tahun 2020. Adanya marketplace e-commerce business to consumer membuka peluang besar untuk berbagai macam usaha. Banyak pengusaha toko offline belum memiliki toko online sehingga berdampak pada usahanya. Pengusaha toko offline tidak mengerti dan kerepotan untuk memulai usahanya pada marketplace e-commerce. Permasalahan juga terjadi untuk pengusaha yang sudah memiliki toko online. Mereka merasa kesulitan dalam mengelola dan mengembangkan usahanya dalam e-commerce. Perancangan ini dilakukan dengan pendekatan user-centered design. Diawali dengan identifikasi kebutuhan dengan melakukan wawancara kepada pengusaha yang sudah dan belum masuk membuka toko online. Terdapat 7 kelompok kebutuhan yang dibuat persona dan diskusi melalui focus group discussion (FGD). FGD menghasilkan penerapan untuk memenuhi kebutuhan, kemudian dibuat 3 konsep alternatif untuk membantu pengusaha dalam memulai dan mengelola toko online yang dimiliki. Didapatkan 1 konsep yang dibuat jadi high-fidelity prototype menggunakan bantuan aplikasi Figma. Prototype yang dihasilkan berupa sebuah interface aplikasi penunjang persiapan dan pelaksanaan usaha melalui e-commerce. Rancangan Aplikasi ini terdapat 5 bagian yang terdiri dari e-learning, penerima order, homepage, product, dan message untuk membantu pengusaha untuk belajar dan mempersiapkan, serta mengelola usahanya pada berbagai macam marketplace e-commerce secara terintegrasi. Prototype kemudian dievaluasi menggunakan usability testing berdasarkan 5 kriteria dan 2 metode. Metode yang digunakan adalah task scenario dan system usability scale (SUS). Evaluasi ini menghasilkan nilai efficiency 80%, effectiveness 88%, usefulness 4,375, learnability 3,875, dan satisfaction 4,167. Hasil yang didapat melebihi batas minimal penilaian dari setiap kriteria. Nilai rata-rata SUS yang didapat sebesar 77,5 yang berada di atas batas minimal penilaian. Penilaian tersebut membuktikan aplikasi yang dirancang sudah layak dan dapat memenuhi kebutuhan dari user. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject E-commerce en_US
dc.subject Desain Interaksi en_US
dc.subject User-centered design en_US
dc.title Perancangan aplikasi penunjang persiapan dan pelaksanaan usaha pada marketplace e-commerce menggunakan pendekatan User-Centered Design en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610009
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account