dc.description.abstract |
E-commerce merupakan salah satu jenis dari ekonomi digital yang digunakan
untuk proses pembelian, penjualan, transfer, dan bertukar produk, jasa atau informasi.
Pengguna e-commerce di Indonesia semakin meningkat dan menjadi pengguna terbanyak
e-commerce di dunia dengan mencapai nilai transaksi sebesar 266,3 triliun rupiah pada
tahun 2020. Adanya marketplace e-commerce business to consumer membuka peluang
besar untuk berbagai macam usaha. Banyak pengusaha toko offline belum memiliki toko
online sehingga berdampak pada usahanya. Pengusaha toko offline tidak mengerti dan
kerepotan untuk memulai usahanya pada marketplace e-commerce. Permasalahan juga
terjadi untuk pengusaha yang sudah memiliki toko online. Mereka merasa kesulitan dalam
mengelola dan mengembangkan usahanya dalam e-commerce.
Perancangan ini dilakukan dengan pendekatan user-centered design. Diawali
dengan identifikasi kebutuhan dengan melakukan wawancara kepada pengusaha yang
sudah dan belum masuk membuka toko online. Terdapat 7 kelompok kebutuhan yang
dibuat persona dan diskusi melalui focus group discussion (FGD). FGD menghasilkan
penerapan untuk memenuhi kebutuhan, kemudian dibuat 3 konsep alternatif untuk
membantu pengusaha dalam memulai dan mengelola toko online yang dimiliki. Didapatkan
1 konsep yang dibuat jadi high-fidelity prototype menggunakan bantuan aplikasi Figma.
Prototype yang dihasilkan berupa sebuah interface aplikasi penunjang persiapan dan
pelaksanaan usaha melalui e-commerce. Rancangan Aplikasi ini terdapat 5 bagian yang
terdiri dari e-learning, penerima order, homepage, product, dan message untuk membantu
pengusaha untuk belajar dan mempersiapkan, serta mengelola usahanya pada berbagai
macam marketplace e-commerce secara terintegrasi.
Prototype kemudian dievaluasi menggunakan usability testing berdasarkan 5
kriteria dan 2 metode. Metode yang digunakan adalah task scenario dan system usability
scale (SUS). Evaluasi ini menghasilkan nilai efficiency 80%, effectiveness 88%, usefulness
4,375, learnability 3,875, dan satisfaction 4,167. Hasil yang didapat melebihi batas minimal
penilaian dari setiap kriteria. Nilai rata-rata SUS yang didapat sebesar 77,5 yang berada di
atas batas minimal penilaian. Penilaian tersebut membuktikan aplikasi yang dirancang
sudah layak dan dapat memenuhi kebutuhan dari user. |
en_US |