Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi mobile JKN menggunakan usability testing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.author Sudiro, Dessy Ardine
dc.date.accessioned 2023-02-09T02:33:45Z
dc.date.available 2023-02-09T02:33:45Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42486
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14416
dc.description 5965 - FTI en_US
dc.description.abstract Saat ini, penggunaan smartphone telah menjadi hal yang biasa. Pada penggunaannya, smartphone dilengkapi beberapa aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam aktivitas sehari-hari termasuk mendapatkan akses kepada BPJS Kesehatan. Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan pada tahun 2017 yang diharapkan memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi-infromasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Hingga saat ini terdapat 22 fitur pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Rating yang diberikan kepada google playstore dan applestore sebesar 3,6 bintang dan 2,5 bintang pada masing-masing platform pengunduhan. Selain itu ulasan terdapat ulasan negatif berkaitan dengan masalah-masalah seperti kesulitan log-in, fitur yang tidak tersedia dan fitur yang tidak dapat digunakan. Berdasarkan hal-hal tersebut, diperlukan evaluasi untuk memahami masalah lebih lanjut mengenai usability dari aplikasi Mobile JKN. Usability testing dilakukan terhadap 4 kriteria usability yaitu effectiveness, efficiency, satisfaction, dan learnability. Pengukuran kriteria effectiveness dan efficiency menggunakan metode task completion. Pengukuran satisfaction dilakukan dengan pemberian kuesioner. Pengukuran learnability dilakukan dengan melakukan analisis learning curve. Pengujian dilakukan pada 10 orang responden, dengan 5 orang responden yang pernah menggunakan aplikasi Mobile JKN dan 5 orang responden lainnya belum pernah menggunakan aplikasi. Didapatkan nilai effectiveness sebesar 52%, efficiency sebesar 42%, satisfaction sebesar 64,8% dan learning curve yang didapatkan mendapatkan pelandaian grafik setelah repetisi ketiga. Selain itu didapatkan masalah usability sebanyak 6 buah pada fitur-fitur yang diujikan. Maka dibuat rancangan usulan dalam bentuk high-fidelity prototype dengan mempertimbangkan masalah-masalah usability yang didapatkan. Rancangan yang dibuat merupakan tampilan sign-in yang dibedakan antara sign-in menggunakan jenis kartu, perubahan penggunaan captcha, penambahan garis pembatas untuk mempermudah dalam pemasukan nomor kartu, penambahan fitur ubah data ponsel, penambahan fungsi sort pada bagian pengubahan data dan penggabungan fitur-fitur yang sama. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi mobile JKN menggunakan usability testing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610122
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402068701
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415019103
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account