Abstract:
Penelitian ini bertujuan merancang kemasan Kid’s Engineering Kit (KidEK), yang merupakan
produk mainan hasil Praktikum Perancangan Produk di Universitas Katolik Parahyangan. Produk KidEK
akan dikomersialisasikan, sehingga dibutuhkan kemasan yang fungsional, mudah digunakan, dan menarik
secara emosional. Untuk memenuhi tujuan tersebut, dilakukan perancangan kemasan berdasarkan konsep
user-centered design, usability, dan product emotion. Identifikasi kebutuhan pengguna dilakukan melalui
wawancara dan menghasilkan delapan kebutuhan utama. Berdasarkan daftar kebutuhan tersebut,
dilaksanakan design workshop guna mengembangkan beberapa alternatif konsep desain kemasan. Konsep
terbaik diwujudkan dalam bentuk prototipe kemasan, untuk selanjutnya dievaluasi dari aspek fungsionalitas,
usability, dan product emotion. Hasil evaluasi menunjukkan skor rata-rata fungsionalitas sebesar 4,48 (dari
maksimum 5); tiga dari empat tugas usability memiliki skor di atas 70% (batas acceptable); dan skor
kuesioner System Usability Scale (SUS) sebesar 77,2 (di atas nilai batas minimum 70). Selain itu, kuesioner
PrEmo 2 (Product Emotion Instrument) menunjukkan skor rata-rata emosi positif sebesar 3,16, sedangkan
skor rata-rata emosi negatif sebesar 1,43. Dengan demikian, rancangan kemasan telah dinilai baik, walau
masih dibutuhkan beberapa penyempurnaan pada sebagian fiturnya.