Let’s Play and Learn: Perancangan Ulang Tampilan Software Edugames Berdasarkan Konsep Usability untuk Anak-anak

Show simple item record

dc.contributor.author Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Yolandi, Yurika
dc.date.accessioned 2023-01-24T13:03:12Z
dc.date.available 2023-01-24T13:03:12Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.isbn 978-602-9081-11-4
dc.identifier.other maklhsc699
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14261
dc.description Makalah dipresentasikan pada Kongres VII BKSTI dan Seminar Nasional Teknik Industri 2014. Bukittinggi 2 - 4 September 2014. p. 72 - 78. en_US
dc.description.abstract Semakin pentingnya perkembangan kecerdasan dan kreativitas anak mendorong dirancangnya berbagai software edugames yang berisikan materi pendidikan sekaligus permainan interaktif. Namun, banyak produk software edugames yang hanya memberikan sedikit informasi, menempatkan dan menggunakan warna yang tidak menarik, memberikan instruksi-instruksi yang tidak jelas, serta menggunakan animasi dan gambar yang monoton. Penelitian ini berfokus pada analisis dan perancangan ulang tampilan produk software edugames edisi „Petualangan Bobby Bola‟ berdasarkan konsep kemampupakaian (usability), yang mencakup faktor efisiensi, efektivitas, kepuasan, kemampuan untuk dipelajari, dan kemampuan untuk disukai. Untuk memperoleh dasar perancangan ulang, usability testing dilakukan terhadap software yang diteliti. Data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan dengan melibatkan sembilan responden anak-anak berusia 8 tahun. Perancangan ulang software edugames Petualangan Bobby Bola dilakukan terhadap tampilan-tampilan di setiap pilihan permainan yang ada. Selain itu, dirancang juga tampilan menu utama, perkenalan, loading, exit, dan pengubahan tingkat kesulitan permainan. Output penelitian ini meliputi usulan perbaikan proses permainan; gambar rancangan; usulan tampilan ukuran, jenis, dan warna huruf; gambar dan warna background; serta usulan simbol dan kata-kata penjelasan yang digunakan. Hasil perancangan ulang dievaluasi melalui sesi focus group, dan diperoleh kesimpulan bahwa tampilan software edugames hasil perancangan ulang lebih disukai dibandingkan tampilan awal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Fakultas Teknik Universitas Andalas en_US
dc.subject uji kemampupakaian en_US
dc.subject perancangan produk en_US
dc.subject ergonomi en_US
dc.subject software edugames en_US
dc.subject usability en_US
dc.title Let’s Play and Learn: Perancangan Ulang Tampilan Software Edugames Berdasarkan Konsep Usability untuk Anak-anak en_US
dc.type Conference Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account