dc.description.abstract |
Semakin pentingnya perkembangan kecerdasan dan kreativitas anak mendorong dirancangnya berbagai software
edugames yang berisikan materi pendidikan sekaligus permainan interaktif. Namun, banyak produk software
edugames yang hanya memberikan sedikit informasi, menempatkan dan menggunakan warna yang tidak menarik,
memberikan instruksi-instruksi yang tidak jelas, serta menggunakan animasi dan gambar yang monoton.
Penelitian ini berfokus pada analisis dan perancangan ulang tampilan produk software edugames edisi
„Petualangan Bobby Bola‟ berdasarkan konsep kemampupakaian (usability), yang mencakup faktor efisiensi,
efektivitas, kepuasan, kemampuan untuk dipelajari, dan kemampuan untuk disukai. Untuk memperoleh dasar
perancangan ulang, usability testing dilakukan terhadap software yang diteliti. Data kuantitatif dan kualitatif
dikumpulkan dengan melibatkan sembilan responden anak-anak berusia 8 tahun. Perancangan ulang software
edugames Petualangan Bobby Bola dilakukan terhadap tampilan-tampilan di setiap pilihan permainan yang ada.
Selain itu, dirancang juga tampilan menu utama, perkenalan, loading, exit, dan pengubahan tingkat kesulitan
permainan. Output penelitian ini meliputi usulan perbaikan proses permainan; gambar rancangan; usulan tampilan
ukuran, jenis, dan warna huruf; gambar dan warna background; serta usulan simbol dan kata-kata penjelasan yang
digunakan. Hasil perancangan ulang dievaluasi melalui sesi focus group, dan diperoleh kesimpulan bahwa
tampilan software edugames hasil perancangan ulang lebih disukai dibandingkan tampilan awal. |
en_US |