Abstract:
Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) merupakan salah satu pemasok
susu sapi di Indonesia. Dalam pemenuhannya dibutuhkan pengetahuan serta
pengembangannya agar susu yang diproduksi memiliki kualitas serta jumlah yang cukup
banyak. Di KPSBU, penyebaran dari pengetahuan dilakukan oleh tujuh penyuluh.
Pengetahuan sebaiknya tersebar merata di antara kurang lebih 7.000 orang peternak.
Jumlah dari penyuluh jika dibandingkan dengan peternak adalah 1:1.000. Pengetahuan
tidak akan menyebar dengan merata jika peternak tidak ikut membagikan pengetahuan
kepada sesama peternak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan intensi
peternak dalam membagikan pengetahuannya dengan peternak lainnya. Model yang
digunakan adalah Theory of Reasoned Action (TRA). Dalam meningkatkan intensi maka
diperlukan beberapa variabel yang akan diuji pada peternak dalam KPSBU. Variabel
tersebut di antaranya adalah trust, empowering leadership, formalization, reward system,
motivation dan knowledge technology. Pengujian dilakukan dengan menggunakan
metode Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil pengolahan didapatkan
bahwa trust, reward system, motivation dan knowledge technology mempengaruhi intensi
dari peternak untuk melakukan knowledge sharing atau intensi dalam membagikan
pengetahuan. Hasil dari penelitian ini adalah pemberian usulan berdasarkan hasil dari
pengolahan data yang dilakukan. Usulan yang diberikan adalah penyuluh dapat
memberikan insentif untuk peternak yang secara aktif membagikan pengetahuannya,
penyuluh dapat memberikan pengakuan seperti pujian-pujian kepada peternak ketika
peternak membagikan pengetahuannya, membuat suatu teknologi informasi yang selalu
diinovasikan serta digunakan secara konsisten, mengadakan suatu kegiatan bersama
agar peternak dapat meluangkan waktu untuk bertemu dengan peternak lainnya dan
berbagi pengetahuannya serta pengalamannya, membangun motivasi diri dari peternak
untuk mau membagikan pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya.