Abstract:
Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan perusahaan yang menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Perusahaan FMCG seharusnya merupakan perusahaan yang stabil atau bahkan relatif bertumbuh dikarenakan masyarakat pasti membutuhkan barang-barang yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dapat didukung dengan pernyataan bahwa perusahaan sektor FMCG mengalami peningkatan pertumbuhan sepanjang tahun 2018-2019. Pertumbuhan sektor FMCG seharusnya dapat meningkatkan nilai perusahaan. Namun, dikarenakan grafik indeks saham pada perusahaan sektor FMCG berfluktuasi sehingga menandakan bahwa kinerja keuangan sektor FMCG berubah-ubah, akan berdampak pada nilai perusahaan di mata investor karena setiap pemegang saham mengharapkan keuntungan yang besar dan investor memegang peranan penting dalam menentukan nilai perusahaan.
Nilai perusahaan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: solvabilitas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan. Perusahaan yang mempunyai kemampuan mengelola dan melunasi seluruh hutangnya cenderung tidak bergantung terhadap pihak manapun sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan yang dapat mengelola sumber daya perusahaan dan merubahnya menjadi keuntungan yang besar dapat memberikan kemakmuran kepada pemegang saham sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Kemudian, perusahaan yang mempunyai ukuran perusahaan yang besar mampu mengendalikan perusahaannya sendiri dan mempunyai kuasa atas seluruh asetnya sehingga mampu meningkatkan nilai perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh solvabilitas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada sektor FMCG yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Pemilihan sampel ini dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 9 perusahaan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah hypothetico-deductive method. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan program Eviews versi 11.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel solvabilitas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel solvabilitas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan menambahkan variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi nilai perusahaan.