Abstract:
Hubungan bilateral antara Korea Selatan dengan Indonesia telah terjalin semenjak tahun 1973, berbagai kerja sama telah dilakukan mulai dari kerjasama dalam sektor ekonomi, pariwisata, pendidikan, pembangunan antar kota dan provinsi, sampai aktivitas dalam mempromosikan budayanya. Aktivitas kebudayaan gencar dilakukan oleh Korea Selatan karena memiliki keinginan untuk mempertahankan dan meningkatkan national image melalui aset-aset kebudayaan. Maka dari itu, berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti membuat pertanyaan penelitian “Bagaimana pengaruh diplomasi budaya Korea Selatan di Indonesia melalui Program K-Content Expo 2017-2019?” Peneliti menggunakan konsep Politik Luar Negeri, Diplomasi, Diplomasi Publik dan Diplomasi Budaya. Kemudian peneliti menggunakan metode kualitatif studi kasus dan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa diplomasi budaya Korea Selatan di Indonesia melalui K-Content Expo berpengaruh positif. Melalui diplomasi budaya, hubungan bilateral antara Korea Selatan dan Indonesia semakin membaik, terutama dalam sektor ekonomi karena diplomasi budaya yang dikemas dalam program K-Content Expo bisa menjadi strategi marketing untuk memperkenalkan identitas negaranya karena mencakup aktivitas-aktivitas yang mengandung unsur kebudayaan. Hal ini ditandai dengan adanya kerjasama baru antara perusahaan Korea Selatan dan Indonesia yang memberikan pengaruh ditandai dengan ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan Korea Selatan yang meningkat.