dc.description.abstract |
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis peran kampanye Wonderful Indonesia di Australia. Pariwisata yang menjadi salah satu agenda pokok dalam pemerintahan Indonesia tahun 2014 – 2019 menunjukkan peranan penting sektor pariwisata dalam keberlangsungannya. Dalam prakitiknya hubungan antara Indonesia dan Australia tidak selalu berada dalam keadaan yang optimal. Maka dari itu peranan kampanye Wonderful Indonesia sangat dibutuhkan untuk menjaga wisatawan asing asal Australia untuk tetap berkungjung ke Indonesia. Penilitian ini didasari dengan teori kampanye Ostergaard yang membagi tahapan kampanye ke dalam tiga tahapan, yaitu pra-kampanye, pelaksanaan kampanye, dan pasca- kampanye. Konsep ini dapat digunakan untuk mengetahui perencanaan kampanye, pelaksanaan kampanye untuk menambah pengetahuan, pelaksanaan kampanye untuk mengubah sikap, dan pelaksanaan kampanye untuk menambah pengetahuan dalam kampanye Wonderful Indonesia di Australia. Dalam pelaksanaannya kampanye Wonderful Indonesia melakukan banyak cara untuk mewujudkan tujuan awal dilaksanakannya kampanye. Namun, dalam perjalanannya kampanye Wonderful Indonesia belum dapat dikatakan sepenuhnya berhasil karena dalam perjalanannya, travel warning yang dijatuhkan Australia kepada Indonesia menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan asal Australia. |
|