dc.contributor.advisor |
Hermawan, Yulius Purwadi |
|
dc.contributor.author |
Dewandjani, Deandra |
|
dc.date.accessioned |
2022-11-07T08:53:32Z |
|
dc.date.available |
2022-11-07T08:53:32Z |
|
dc.date.issued |
2021 |
|
dc.identifier.other |
skp41235 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/13562 |
|
dc.description |
9722 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Sustainable Development Goal 4 mendorong setiap anggota PBB untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk semua lapisan masyarakat agar dapat mengembangkan potensi diri. Meskipun penting, pemerintah Indonesia memiliki kesulitan untuk mengatasi masalah mendasar dalam pendidikan berkualitas sehingga menghambat penerapan Sustainable Development Goal 4. Penelitian ini membahas “Bagaimana Indonesia dalam Kerjasamanya dengan UNICEF dapat Menerapkan SDGs No.4 – Quality Education melalui program Rural and Remote Education Initiative ?”. Penelitian ini juga menggunakan teori institutional liberalism dan konsep kerjasama untuk dapat memahami upaya yang dilakukan oleh Indonesia dan UNICEF. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama Indonesia dan UNICEF dalam merumuskan program Rural and Remote Education Initiative karena tingkat buta huruf di Papua dan Papua Barat. Upaya awal kerjasama ini didasarkan melalui agenda setting oleh Indonesia dan UNICEF dalam memanfaatkan target dan indikator SDGs 4.1.1 untuk meningkatkan literasi dan komprehensi. Upaya tersebut dilanjutkan dengan menerapkan prinsip relevance, institutional capacity building dan ownership yang menyoroti pentingnya program agar tetap relevan, memastikan kemampuan kedua pihak dalam menjalankan peran masing-masing dan menciptakan solusi yang dapat meningkatkan literasi. Terbentuklah indikator sebagai berikut untuk meningkatkan literasi untuk Indonesia, yaitu mendorong mitra lokal untuk mengelola kegiatan berbasis sekolah dan melibatkan pejabat pemerintah dan anggota parlemen untuk memajukan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Sementara UNICEF memastikan indikator tersebut dapat menampilkan perubahan dalam perilaku guru perempuan dan laki-laki dan praktik kelas, peningkatan keterampilan membaca dan pemahaman siswa perempuan dan laki-laki kelas 2 dan 3 di sekolah sasaran, dan memastikan pemerintah di kabupaten sasaran menggunakan program evidence dan menerapkan strategi untuk meningkatkan literasi kelas awal. Upaya kedua dari Rural and Remote Education Initiative adalah untuk meningkatkan prestasi siswa di sekolah, menambah partisipasi siswa, meningkatkan peran guru dan penyediaan materi, serta meningkatkan peran Dinas Pendidikan Kabupaten. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
Sustainable Development Goals |
en_US |
dc.subject |
Kualitas Pendidikan |
en_US |
dc.subject |
Indonesia |
en_US |
dc.subject |
UNICEF |
en_US |
dc.title |
Indonesia and UNICEF’s cooperation in implementing the Sustainable Development Goal 4 : quality education through the rural and remote education initiative programme to improve quality of education (2015-2019) |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2017330086 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0412046802 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional |
|