Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inisiatif pemerintah Saudi yang melakukan perubahan sosial-budaya yang terjadi di Saudi melalui program Vision 2030, yang berdampak pada meningkatnya opini publik Amerika Serikat yang positif terhadap Saudi. Namun tidak seperti inisiatif sebelumnya, MDL Beast Music Festival tidak disambut baik oleh publik Amerika Serikat. Festival musik tersebut disambut dengan kritik atas selebritis yang hadir, serta rekam jejak hak asasi manusia Saudi yang masih dipermasalahkan. Melihat fenomena tersebut, peneliti membuat pertanyaan penelitian “Apa faktor yang menyebabkan gagalnya diplomasi publik Arab Saudi melalui MDL Beast Music Festival dalam menciptakan citra positif Arab Saudi di Amerika Serikat?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan konsep source credibility yang ditulis oleh Robert H. Gass dan John S. Seiter, yang dibatasi hanya pada dimensi primer, yakni trustworthiness, expertise, dan goodwill. Peneliti menggunakan metode kualitatif yang berarti peneliti melakukan interpretasi secara mendalam pada kasus MDL Beast Music Festival terhadap publik Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa diplomasi publik Arab Saudi melalui MDL Beast Music Festival terhadap publik Amerika Serikat gagal dikarenakan tidak terpenuhinya dimensi trustworthiness, expertise, dan goodwill, pada dimensi kredibilitasnya.