Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui framing dari Breitbart News yang
memberikan citra buruk kepada masyarakat Muslim yang mempengaruhi opini
publik dan berdampak pada meningkatnya tindakan kejahatan yang dialami oleh
masyarakat Muslim di Amerika Serikat. Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi hingga kini, membuat penyebaran informasi menjadi sangat cepat dan
sulit untuk diawasi. Dalam mencapai tujuannya, suatu media menggunakan framing
untuk membentuk opini publik. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan
penelitian: Bagaimana pemberitaan media Breitbart News terhadap masyarakat
Islam yang mempengaruhi peningkatan Islamophobia di Amerika Serikat pada
tahun 2015-2016? Penelitian ini menganalisa dengan menggunakan konsep media
framing oleh Robert Entman dalam menganalisa artikel pemberitaan yang
diproduksi oleh Breitbart News terkait agama Islam selama masa kempanye Donald
Trump pada tahun 2015-2016. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa
framing pemberitaan Breitbart News berisikan unsur-unsur yang memperburuk
opini publik Amerika Serikat terhadap masyarakat Muslim, dan meningkatkan isu
Islamophobia. Pemberitaan yang meningkatkan rasa takut dapat mempengaruhi
sikap masyarakat Amerika Serikat terhadap masyarakat Muslim.