Abstract:
Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan potensi di bidang kemaritiman. Namun kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian laut dan juga kurangnya edukasi dalam bidang kemaritiman menyebabkan potensi – potensi yang berasal dari laut tidak dapat dimaksimalkan dengan baik. Dalam tulisan ini penulis mencoba menjelaskan tentang implementasi dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT.Toyota – Astra Motor (TAM) yang berjudul Pinisi Bagi Negeri yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan laut dan pengedukasian masyarakat tentang potensi dan budaya maritim yang sustainable. PT. Toyota – Astra Motor merupakan Multinational Coorporation yang telah melaksanankan berbagai kegiatan CSR lingkungan. Program ini berlokasi di gerbang wilayah Indonesia Timur, Provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan CSR pertama PT. TAM yang berlokasi di wilayah Indonesia Timur. Penulis menggunakan teori Pluralisme, teori Multinational Coorporation, konsep piramida CSR, dan konsep triple bottom line (3P).