dc.description.abstract |
Pelayanan publik merupakan salah satu tindakan pemerintah yang
dilakukan secara langsung untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah
yang ada di lingkungan publik. Dalam pelaksanaan pelayanan tidak akan jauh
hubungannya dengan kualitas dari pelayanan itu sendiri. Kualitas pelayanan publik
yang diberikan kepada masyarat akan memberikan nilai tersendiri dalam ukuran
berhasil atau tidaknya program yang dibuat oleh pemerintah.
Dalam penelitian ini, peneliti hendak menganalisis lebih dalam lagi
mengenai kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum
Daerah Ujung Berung Bandung kepada para pasien yang menggunakan BPJS
Kesehatan untuk pengobatannya. Analisis yang akan dilakukan yaitu dengan
melihat apakah kualitas kinerja yang di berikan Rumah Sakit Ujung Berung sudah
baik atau tidak baik. Baik atau buruknya kualitas pelayanan yang diberikan akan
dinilai berdasarkan beberapa dimensi yaitu economy, eficiency, efectiveness, equity.
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang digunakan untuk menemukan
pandangan dari para responden dengan melakukan wawancara bersama para pasien
BPJS; perawat dan petugas Rumah Sakit Ujung Berung, observasi, serta studi
dokumen yang menjadi teknik dalam pengumpulan data.
Berdasarkan penelitian, Rumah Sakit Ujung Berung sudah memenuhi
standar pelayanan yang ada, dengan kata lain pelayanan yang diberikan kepada para
pasien BPJS memiliki kualitas yang baik. Hal ini dibuktikan dikarenakan kualitas
pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan dimensi economy, eficiency,
efectiveness, dan equity. Sehingga hal tersebut menghasilkan keberhasilan RSUD
Ujung Berung dalam melaksanakan program pemerintah serta masyarakat merasa
nyama, puas dan percaya dengan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Ujung
Berung. |
en_US |