Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan teori Disiplin Kerja oleh DeCenzo dan Robbins yang terdiri dari 4 dimensi yaitu [1] Kehadiran, [2] Perilaku dalam Bekerja, [3] Kejujuran, [4] Kegiatan Di luar Pekerjaan, serta Kinerja Pegawai oleh Miner yang terdiri dari 3 dimensi didudkung dengan 4 dimensi berdasarkan PP 30/2019 yaitu [1] Kuantitas, [2] Kualitas, [3] Penggunaan Waktu, [4] Kerja sama, [5] Orientasi Pelayanan, [6] Komitmen, [7] Inisiatif Kerja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian desain kausal yang bertujuan menguji pengaruh antara kedua variabel dengan subjek penelitian sampling nonprobabilitas purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 78 pegawai dan dilakukan wawancara kepada 4 pegawai untuk mendukung hasil dari kuesioner yang didapat pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja yang diukur dari kahadiran, perilaku dalam bekerja, kejujuran, dan kegiatan diluar pekerjaan berada pada tingkatan tinggi dan kinerja pegawai yang diukur dari kuantitas, kualitas, penggunaan waktu, kerjasama, orientasi pelayanan, komitmen, dan inisiatif kerja berada pada tingkatan sedang, dan terdapat pengaruh moderat antara kedua variabel tersebut. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah untuk meningkatkan kinerja pegawai diantaranya untuk menyusun skp pada awal tahun sesuai dengan kemampuan dan memberika usaha yang maksimal dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan.