dc.description.abstract |
Saat ini, food waste telah menjadi salah satu isu serius yang menjadi perhatian
masyarakat di seluruh dunia. Indonesia terutama, merupakan negara penghasil sampah
makanan kedua tertinggi di dunia dengan total 13 juta ton setiap tahunnya. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan, diketahui jumlah food waste terbesar dihasilkan pada tahap
konsumsi dengan kontributor terbesar berasal dari rumah tangga dan restoran. Namun
hingga saat ini, belum ada platform untuk mewadahi proses penyaluran makanan sisa
berbasis aplikasi bagi masyarakat di berbagai sektor yang dikembangkan di Indonesia.
Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi untuk
mempermudah masyarakat dalam menyalurkan makanan sisa yang masih layak dimakan
dalam rangka meminimasi permasalahan food waste.
Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode User Centered
Design yang diawali dengan tahap discovering requirements dan menghasilkan 8
kebutuhan bagi pihak penyalur dan 10 kebutuhan bagi pihak penerima. Selanjutnya
dilakukan tahap designing alternatives dengan metode design workshop, yang
menghasilkan tiga alternatif desain untuk dievaluasi guna menentukan desain konsep yang
terbaik. Desain konsep terpilih selanjutnya dikembangkan menjadi high-fidelity interface
prototype pada tahap prototyping. Tahap terakhir adalah evaluating dengan metode
usability testing untuk menguji pemenuhan kriteria effectiveness dan efficiency dengan
metode task completion, serta kriteria usefulness, learnability, dan satisfaction dengan
menggunakan Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use (USE) Questionnaire.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil rancangan aplikasi yang
menekankan konsep minimalis sederhana dengan fitur utama penyaluran makanan sisa
layak makan secara online. Tingkat effectiveness dari aplikasi untuk pihak penyalur
diketahui sebesar 88.89% dan pihak penerima sebesar 87.50%, serta tingkat efficiency
pihak penyalur sebesar 83.33% dan pihak penerima sebesar 85.42%. Pengisian kuesioner
USE menghasilkan skor untuk kriteria usefulness bagi pihak penyalur sebesar 89.58% dan
bagi pihak penerima sebesar 85%, kriteria learnability bagi pihak penyalur sebesar 80%
dan bagi pihak penerima sebesar 77.50%, serta kriteria satisfaction bagi pihak penyalur
sebesar 82.86% dan bagi pihak penerima sebesar 83.33%. Hasil tersebut menunjukkan
bahwa aplikasi yang dirancang telah memiliki tingkat usability yang baik |
en_US |