dc.contributor.advisor |
Hariandja, Johanna Renny Octavia |
|
dc.contributor.author |
Levana, Claudia |
|
dc.date.accessioned |
2022-10-28T03:37:26Z |
|
dc.date.available |
2022-10-28T03:37:26Z |
|
dc.date.issued |
2021 |
|
dc.identifier.other |
skp42097 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/13386 |
|
dc.description |
5892 - FTI |
en_US |
dc.description.abstract |
Pendidikan merupakan aspek yang paling penting karena dalam pendidikan
merupakan proses dalam mengenali, mempelajari dan juga mengembangkan kemampuan
yang dimiliki individu serta sikap yang baik. Salah satu cara mendapat pendidikan adalah
pembelajaran jarak jauh seperti halnya pada saat pandemi COVID-19 berlangsung.
Bidang pendidikan khususnya perguruan tinggi beralih ke pembelajaran jarak jauh
sehingga para mahasiswa merasa interaksi sosial terbatas bahkan hampir tidak ada.
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa salah satu pemicu stres adalah kurangnya
interaksi sosial dan melalui wawancara dengan para mahasiswa mayoritas menjawab tidak
merasakan adanya interaksi sosial dan merasa stres karena tidak dapat bersosialisasi
dengan orang lain. Interaksi sosial merupakan suatu kebutuhan karena pada dasarnya
manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu inovasi rancangan
alat bantu untuk meningkatkan interaksi sosial mahasiswa selama pembelajaran jarak
jauh. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi interaksi sosial antar
mahasiswa selama saat pembelajaran jarak jauh serta mengetahui alat bantu yang tepat
untuk meningkatkan interaksi sosial selama pembelajaran jarak jauh. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode design thinking. Dengan metode design
thinking Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tingkat pertama dan kedua tahun ajaran
2020/2021. Tahap pertama dalam penelitian adalah tahap empati untuk mengerti dan
memahami permasalahan yang terjadi. Permasalahannya adalah kondisi interaksi sosial
antar mahasiswa saat ini tidak baik karena mereka merasa malas untuk berinteraksi
dengan orang lain serta merasa sulit menemukan waktu untuk berinteraksi. Selanjutnya
tahap penjelasan masalah dengan how might we statement untuk memperjelas akar dari
permasalahan yang nantinya menjadi gagasan ide pada tahap ideasi. Dari hasil ideasi
tersebut, diperoleh suatu rancangan alat bantu yang sesuai yaitu aplikasi berbasis game
bernama “COMPLY”. Proses pengujian dilakukan oleh para mahasiswa dan mendapat
feedback bahwa “COMPLY” dapat meningkatkan interaksi sosial mereka serta dapat
melakukan berbagai aktivitas hiburan bagi penggunanya namun ada beberapa masukan
baik mengenai peningkatan fitur yang ada maupun secara teknis platform yang digunakan. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR |
en_US |
dc.title |
Perancangan alat bantu untuk meningkatkan interaksi sosial mahasiswa selama Pembelajaran Jarak Jauh dengan metode design thinking |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2017610223 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0411107801 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI613#Teknik Industri |
|