Perancangan alat bantu untuk meningkatkan interaksi sosial mahasiswa selama Pembelajaran Jarak Jauh dengan metode design thinking

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Levana, Claudia
dc.date.accessioned 2022-10-28T03:37:26Z
dc.date.available 2022-10-28T03:37:26Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42097
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13386
dc.description 5892 - FTI en_US
dc.description.abstract Pendidikan merupakan aspek yang paling penting karena dalam pendidikan merupakan proses dalam mengenali, mempelajari dan juga mengembangkan kemampuan yang dimiliki individu serta sikap yang baik. Salah satu cara mendapat pendidikan adalah pembelajaran jarak jauh seperti halnya pada saat pandemi COVID-19 berlangsung. Bidang pendidikan khususnya perguruan tinggi beralih ke pembelajaran jarak jauh sehingga para mahasiswa merasa interaksi sosial terbatas bahkan hampir tidak ada. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa salah satu pemicu stres adalah kurangnya interaksi sosial dan melalui wawancara dengan para mahasiswa mayoritas menjawab tidak merasakan adanya interaksi sosial dan merasa stres karena tidak dapat bersosialisasi dengan orang lain. Interaksi sosial merupakan suatu kebutuhan karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu inovasi rancangan alat bantu untuk meningkatkan interaksi sosial mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi interaksi sosial antar mahasiswa selama saat pembelajaran jarak jauh serta mengetahui alat bantu yang tepat untuk meningkatkan interaksi sosial selama pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design thinking. Dengan metode design thinking Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tingkat pertama dan kedua tahun ajaran 2020/2021. Tahap pertama dalam penelitian adalah tahap empati untuk mengerti dan memahami permasalahan yang terjadi. Permasalahannya adalah kondisi interaksi sosial antar mahasiswa saat ini tidak baik karena mereka merasa malas untuk berinteraksi dengan orang lain serta merasa sulit menemukan waktu untuk berinteraksi. Selanjutnya tahap penjelasan masalah dengan how might we statement untuk memperjelas akar dari permasalahan yang nantinya menjadi gagasan ide pada tahap ideasi. Dari hasil ideasi tersebut, diperoleh suatu rancangan alat bantu yang sesuai yaitu aplikasi berbasis game bernama “COMPLY”. Proses pengujian dilakukan oleh para mahasiswa dan mendapat feedback bahwa “COMPLY” dapat meningkatkan interaksi sosial mereka serta dapat melakukan berbagai aktivitas hiburan bagi penggunanya namun ada beberapa masukan baik mengenai peningkatan fitur yang ada maupun secara teknis platform yang digunakan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan alat bantu untuk meningkatkan interaksi sosial mahasiswa selama Pembelajaran Jarak Jauh dengan metode design thinking en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610223
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411107801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account