dc.description.abstract |
Merawat dan mempercantik diri pada umumnya merupakan kegiatan yang lazim dilakukan oleh kaum wanita. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh salah satu institusi di bidang kecantikan di Indonesia bekerjasama dengan MarkPlus Institute menunjukkan bahwa wanita menghabiskan sekitar 30% pendapatan yang diperolehnya pada perawatan kecantikan. Dengan adanya peluang tersebut, banyak usaha yang bergerak di bidang perawatan kecantikan saling bersaing agar namanya dikenal oleh masyarakat. Rumah Ayu Salon merupakan salon perawatan kecantikan yang berlokasi di daerah Bintaro, Tangerang Selatan. Setelah sekian lama beroperasi, Rumah Ayu Salon masih merasa kurang dikenal karena tidak adanya variasi pengunjung. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui kesadaran akan merek (brand awareness) Rumah Ayu Salon. Berdasarkan pengamatan awal terhadap 24 orang responden, dapat diketahui hanya 7 responden yang mengetahui dan 17 responden lainnya tidak mengetahui adanya Rumah Ayu Salon. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Rumah Ayu Salon melalui kegiatan pemasaran media sosial. Pada penelitian ini, ditentukan 6 variabel yaitu entertainment, customization, trendiness, advertisement, interaction, dan informativeness dengan total atribut sebanyak 36 butir yang memengaruhi kegiatan pemasaran media sosial terhadap brand awareness. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Hasil data kuesioner tersebut kemudian diolah dengan metode PLS-SEM untuk mengetahui apakah data dapat diandalkan (reliable) dan valid serta untuk menguji variabel dan model penelitian yang digunakan. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa keseluruhan variabel telah teruji reliable dan valid. Hasil pengujian juga menunjukkan keseluruhan variabel memiliki pengaruh terhadap brand awareness dengan tingkat keakurasian prediksi sebesar 67,8%. Pengolahan data juga dilakukan untuk mengetahui prioritas penentuan perbaikan dengan menggunakan (IPMA) dan didapatkan 3 variabel pada pemasaran media sosial yang perlu diprioritaskan dalam perbaikan yaitu customization, interaction, dan trendiness. Sebanyak 11 usulan perbaikan yang didasari oleh literatur dan FGD kemudian diberikan untuk ketiga variabel tersebut dan juga untuk Rumah Ayu Salon secara keseluruhan. |
en_US |