Perancangan model prediksi repurchase intention berdasarkan ulasan konsumen pada website X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryadi, Dedy
dc.contributor.author Immanuel, Joshua Budidharma
dc.date.accessioned 2022-10-27T06:20:36Z
dc.date.available 2022-10-27T06:20:36Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42084
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13372
dc.description 5879 - FTI en_US
dc.description.abstract Dalam pasar e-commerce Indonesia yang terus berkembang, Website X merupakan website penjual produk kosmetik dan kecantikan terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan, diperlukan customer feedback yang memaparkan repurchase intention konsumen melalui media digital. Website X menyediakan informasi yang berkelimpahan mengenai repurchase intention dan faktor lain yang mempengaruhinya. Data ulasan konsumen yang berkelimpahan mempersulit pemrosesan. Oleh karena itu, dipakai feature selection untuk memilih fitur. Model prediksi repurchase intention dibuat dengan algoritma decision tree classifier untuk membuat model yang dapat memprediksi repurchase intention konsumen. Data dibagi menjadi dua bagian, data training dan data test dengan rasio 80:20. Dari berbagai metode feature selection, diuji metode term frequency, TF-IDF, Fisher Score, dan Distinguishing Feature Selector. Setelah membagi data training secara acak menjadi 10 balanced sampel, 50 fitur yang paling relevan diambil untuk dibuat menjadi model prediksi. Kemudian, dibuatlah model prediksi dengan algoritma decision tree. Confusion matrix menyediakan informasi bagi perhitungan akurasi sampel. Proses pembuatan model prediksi dilakukan untuk setiap sampel dari tiga kategori produk, yakni cleanser, moisturizer, dan treatment. Dari hasil perbandingan antar model, didapatkan bahwa model prediksi Fisher Score memiliki tingkat akurasi tertinggi sekitar 55%. Setelah dilakukan uji signifikansi paired t test, terbukti bahwa model dari Fisher Score memiliki rata-rata akurasi yang berbeda secara signifikan dengan kebanyakan metode lainnya. Didapati pula bahwa model Fisher Score juga dapat menggambarkan repurchase intention dengan lebih baik dibandingkan model yang hanya menggunakan rating. Maka dari itu, model prediksi repurchase intention terbaik adalah model yang menggunakan metode Fisher Score. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan model prediksi repurchase intention berdasarkan ulasan konsumen pada website X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610200
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419128101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account