dc.description.abstract |
CV. Dua Gemilang bergerak pada produksi jendela dan pintu yang berbahan dasar
UPVC. Pada saat ini perusahaan memiliki 2 supplier untuk memasok UPVC dari China,
yaitu supplier A dan supplier B. Namun, kedua supplier tidak dapat memenuhi 100%
kebutuhan bahan baku dari perusahaan. Karenanya, perusahaan akan mempertimbangan
penambahan supplier. Terdapat 3 supplier tambahan yang pernah menjadi pemasok untuk
perusahaan yaitu, supplier C, supplier D, dan supplier E. Pemilihan penambahan supplier
ini juga dengan mempertimbangkan kriteria yang digunakan oleh perusahaan.
Metode Analytical Network Process (ANP) dapat digunakan untuk menyelesaikan
masalah pada penelitian. Metode ANP sendiri digunakan untuk membangun model dan
menentukan pilihan dengan kriteria dan subkriteria yang banyak. Pada pembuatan model
perusahaan, diperoleh 4 kriteria yaitu, harga, kualitas, fleksibilitas, dan pelayanan. Selain
itu metode ANP digunakan untuk hubungan antar kriteria. Pada model terdapat 5
hubungan antar kriteria yang terdiri dari 1 hubungan inner dependence, dan 4 hubungan
outer dependence.
Kemudian berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai eigen vector, cluster
matriks, unweighted matriks, weighted matriks, dan limting matriks. Selain itu juga
diperoleh nilai perubahan kepetingan dari analisis sensitivitas. Berdasarkan pengolah data
tersebut diperoleh tingkat performansi supplier C sebesar 0,403, supplier E sebesar 0,335,
dan supplier D sebesar 0,262. Kemudian berdasarkan hasil dan urutan tersebut akan
dipertimbangkan untuk menjadi supplier tambahan bagi perusahaan.
Selain itu diberikan analisis sensitivitas yang merupakan analisis tambahan. Analisis
sensitivitas ini beruguna untuk mengetahui perubahan urutan prioritas. Terdapat 4
subkriteria yang menjadi penilaian yaitu, biaya kirim, persentase jumlah warna yang
berubah, kemudahan dalam penambahan pesanan, kemudahan ketika dihubungi. Terjadi
perubahan prioritas pada subkriteria persentase jumlah warna yang berubah, dan
kemudahan dalam penambahan pesanan. |
en_US |