dc.description.abstract |
Bisnis kuliner merupakan hal yang sudah menjamur di masyarakat. Kesadaran
masyarakat akan suatu usaha dapat ditingkatkan melalui brand awareness. Brand
awareness perlu diperhatikan oleh pemilik usaha karena dapat meningkatkan minat beli
konsumen. Kedaiku merupakan sebuah rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 2017
namun target omzet penjualannya belum tercapai. Tidak tercapainya target penjualan
Kedaiku salah satunya dikarenakan kurangnya awareness masyarakat terhadap Kedaiku.
Berdasarkan wawancara, terdapat lebih dari 60% target pasar yang belum mengetahui
adanya rumah makan Kedaiku. Selain itu, karena adanya pandemi covid, penjualan
Kedaiku semakin menurun. Oleh karena itu, Kedaiku harus segera melakukan perbaikan
agar masyarakat semakin mengetahui keberadaan Kedaiku dan penjualannya dapat naik
hingga mencapai target yang telah ditetapkan. Dilakukan pengembangan model untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi brand awareness. Terdapat empat variabel
yang akan diuji pengaruhnya terhadap brand awareness, yaitu advertising, sales
promotion, electronic word of mouth, dan pemasaran internet. Terdapat 72 data dari hasil
penyebaran kuesioner yang telah melalui proses penyaringan untuk diolah datanya.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM. Dalam pengolahan
data dengan PLS-SEM, dilakukan evaluasi model pengukuran dan model struktural. Hasil
yang didapatkan dari hasil evaluasi adalah variabel advertising dan EWOM berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap brand awareness. Usulan perbaikan yang dirancang
untuk variabel advertising adalah rancangan spanduk yang baru dan usulan pada
perbaikan media sosial Kedaiku. Usulan perbaikan pada media sosial meliputi WhatsApp,
Instagram, dan Tiktok yang disertai rancangan post dan konten. Usulan perbaikan yang
dirancang untuk variabel EWOM adalah menyediakan kertas kritik dan saran di setiap meja
makan Kedaiku, rutin mengecek media sosial agar hal negatif dapat ditanggapi dengan
cepat, mengadakan event atau promo, serta melakukan endorse kepada beberapa
influencer kuliner. |
en_US |