dc.description.abstract |
Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak virus Covid-19 pada
tahun 2020. Virus ini memberi dampak yang cukup signifikan dalam kebiasaan dan
bertingkah laku. Oleh karena itu, banyak orang dirumah mencari kegiatan-kegiatan baru
untuk menghibur dan beraktivitas. Kegiatan tersebut salah satunya yaitu dengan
melampiaskan pada hobi aquascape. Hobi aquascape berdasarkan beberapa sumber
mencatatkan peningkatan peminat yang lumayan pada saat pandemi Covid-19.
Di sisi lain, Online Shop X membuka toko perlengkapan aquascape pada awal
Januari 2021. Online Shop X mendapati bahwa keuntungan dari pembukaan toko tersebut
menurun selama 3 bulan hingga bulan Maret 2021. Ini tidak berbanding lurus dengan
kondisi optimis pada hobi aquascape pada masa pandemi Covid-19. Maka dari itu, upaya
peningkatan keuntungan untuk Online Shop X harus dilakukan agar tetap bertahan.
Melihat permasalahan tersebut, maka ditentukan bahwa akar masalah ada pada
pemasaran yang kurang baik. Usulan terkait pemasaran dilakukan dengan menggunakan
strategi E-Marketing mix. Dikarenakan belum adanya target pasar, maka dilakukanlah
identifikasi STP dan SWOT sebagai dasar bauran pemasaran. Maka usulan akhirnya
dibagi menjadi faktor E-Marketing mix yaitu product, price, place, promotion,
personalization, privacy, customer service, community, site, security, dan sales promotion.
Product memiliki usulan yakni dengan penambahan jumlah produk dan meningkatkan
kualitas deskripsi. Price memiliki usulan misalnya dengan melakukan benchmarking harga
secara rutin. Promotion memiliki usulan misalnya menggunakan fitur promosi pada
Tokopedia. Place memiliki usulan dengan memperluas pasar ke platform lain.
Personalization memiliki usulan untuk memberikan fasilitas konsumen untuk datang
langsung pada gudang toko. Privacy memiliki usulan untuk menjaga data pribadi
konsumen. Customer service memiliki contoh usulan memberikan respon chat yang ramah
dan cepat. Community memiliki usulan dengan mempertahankan review dan ulasan pada
toko. Site memiliki usulan untuk memperbaiki tampilan Online Shop X. Security memiliki
usulan untuk tetap menediakan transaksi yang aman melalui e-commerce. Sales
promotion memiliki usulan untuk memberikan kupon diskon pada acara tertentu. |
en_US |