Perancangan usulan bauran pemasaran untuk Online Shop X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.author Soebianta, Ivan Nathanael
dc.date.accessioned 2022-10-25T06:14:00Z
dc.date.available 2022-10-25T06:14:00Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13344
dc.description 5851 - FTI en_US
dc.description.abstract Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak virus Covid-19 pada tahun 2020. Virus ini memberi dampak yang cukup signifikan dalam kebiasaan dan bertingkah laku. Oleh karena itu, banyak orang dirumah mencari kegiatan-kegiatan baru untuk menghibur dan beraktivitas. Kegiatan tersebut salah satunya yaitu dengan melampiaskan pada hobi aquascape. Hobi aquascape berdasarkan beberapa sumber mencatatkan peningkatan peminat yang lumayan pada saat pandemi Covid-19. Di sisi lain, Online Shop X membuka toko perlengkapan aquascape pada awal Januari 2021. Online Shop X mendapati bahwa keuntungan dari pembukaan toko tersebut menurun selama 3 bulan hingga bulan Maret 2021. Ini tidak berbanding lurus dengan kondisi optimis pada hobi aquascape pada masa pandemi Covid-19. Maka dari itu, upaya peningkatan keuntungan untuk Online Shop X harus dilakukan agar tetap bertahan. Melihat permasalahan tersebut, maka ditentukan bahwa akar masalah ada pada pemasaran yang kurang baik. Usulan terkait pemasaran dilakukan dengan menggunakan strategi E-Marketing mix. Dikarenakan belum adanya target pasar, maka dilakukanlah identifikasi STP dan SWOT sebagai dasar bauran pemasaran. Maka usulan akhirnya dibagi menjadi faktor E-Marketing mix yaitu product, price, place, promotion, personalization, privacy, customer service, community, site, security, dan sales promotion. Product memiliki usulan yakni dengan penambahan jumlah produk dan meningkatkan kualitas deskripsi. Price memiliki usulan misalnya dengan melakukan benchmarking harga secara rutin. Promotion memiliki usulan misalnya menggunakan fitur promosi pada Tokopedia. Place memiliki usulan dengan memperluas pasar ke platform lain. Personalization memiliki usulan untuk memberikan fasilitas konsumen untuk datang langsung pada gudang toko. Privacy memiliki usulan untuk menjaga data pribadi konsumen. Customer service memiliki contoh usulan memberikan respon chat yang ramah dan cepat. Community memiliki usulan dengan mempertahankan review dan ulasan pada toko. Site memiliki usulan untuk memperbaiki tampilan Online Shop X. Security memiliki usulan untuk tetap menediakan transaksi yang aman melalui e-commerce. Sales promotion memiliki usulan untuk memberikan kupon diskon pada acara tertentu. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan usulan bauran pemasaran untuk Online Shop X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610146
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402068701
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account