dc.description.abstract |
Vucia nail merupakan salah satu jasa pelayanan kecantikan di bidang kuku yang terletak
di Bandung. Berdasarkan data historis, Vucia masih belum dapat mencapai target yang
diinginkan. Semenjak awal membuka usaha, Vucia belum pernah melakukan riset pasar
dan juga menentukan target pasar yang akan dituju. Maka dari itu penilitian ini dilakukan
untuk mengetahui riset pasar dan strategi pemasaran yang sesuai agar dapat mencapai
target yang sudah ditentukan. Pada penelitian ini riset pasar dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner sesuai dengan faktor demografis dan psikografis. Hasil riset pasar
kemudian diolah dengan menggunakan K-mean cluster dan elbow method yang
menghasilkan 4 buah segmen yaitu detail oriented, impulsive random,stylish, dan artistic.
Segmen pasar yang terpilih menjadi target yaitu segmen detail oriented sesuai karakteristik
Vucia saat ini. Selanjutnya dilakukan proses positioning terhadap 3 atribut yaitu kualitas
,kemampuan pekerja ,dan harga. Untuk mengetahui posisi Vucia saat ini maka dilakukan
survei kepada anggota segmen detail oriented. Dari hasil data survei menunjukan bahwa
atribut kualitas dan kemampuan pekerja masih belum sesuai dengan target yang akan
dicapai pemilik. Kemudian dilakukan identifikasi SWOT untuk mengetahui kemampuan
yang dimiliki Vucia. Lalu komponen SWOT akan dikolaborasikan menjadi TOWS matriks
dan membentuk beberapa strategi pemasaran. Perancangan strategi dilakukan dengan
bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan
process) dan strategi dari TOWS matriks yang sudah dibuat sebelumnya dan disesuaikan
dengan tujuan yaitu mendapatkan posisi yang diinginkan oleh pemilik. Perancangan
strategi pemasaran juga mempertimbangkan karakteristik segmen target yaitu detail
oriented. Usulan yang dapat diberikan dari penelitian yaitu Vucia perlu memprioritaskan
segmen 1 dengan karakteristik detail oriented, meningkatkan kualitas produk,
menyediakan alat dan bahan dengan lengkap, melatih pegawai dalam hal teknik dasar dan
design, memperbaiki fasilitas yang ada di studio, dan menyediakan layanan home service
agar dapat menjangkau konsumen lebih banyak. |
en_US |