Usulan marketing mix pada Vucia Nail

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Lauren, Celine
dc.date.accessioned 2022-10-20T02:20:46Z
dc.date.available 2022-10-20T02:20:46Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13309
dc.description 5815 - FTI en_US
dc.description.abstract Vucia nail merupakan salah satu jasa pelayanan kecantikan di bidang kuku yang terletak di Bandung. Berdasarkan data historis, Vucia masih belum dapat mencapai target yang diinginkan. Semenjak awal membuka usaha, Vucia belum pernah melakukan riset pasar dan juga menentukan target pasar yang akan dituju. Maka dari itu penilitian ini dilakukan untuk mengetahui riset pasar dan strategi pemasaran yang sesuai agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan. Pada penelitian ini riset pasar dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sesuai dengan faktor demografis dan psikografis. Hasil riset pasar kemudian diolah dengan menggunakan K-mean cluster dan elbow method yang menghasilkan 4 buah segmen yaitu detail oriented, impulsive random,stylish, dan artistic. Segmen pasar yang terpilih menjadi target yaitu segmen detail oriented sesuai karakteristik Vucia saat ini. Selanjutnya dilakukan proses positioning terhadap 3 atribut yaitu kualitas ,kemampuan pekerja ,dan harga. Untuk mengetahui posisi Vucia saat ini maka dilakukan survei kepada anggota segmen detail oriented. Dari hasil data survei menunjukan bahwa atribut kualitas dan kemampuan pekerja masih belum sesuai dengan target yang akan dicapai pemilik. Kemudian dilakukan identifikasi SWOT untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki Vucia. Lalu komponen SWOT akan dikolaborasikan menjadi TOWS matriks dan membentuk beberapa strategi pemasaran. Perancangan strategi dilakukan dengan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) dan strategi dari TOWS matriks yang sudah dibuat sebelumnya dan disesuaikan dengan tujuan yaitu mendapatkan posisi yang diinginkan oleh pemilik. Perancangan strategi pemasaran juga mempertimbangkan karakteristik segmen target yaitu detail oriented. Usulan yang dapat diberikan dari penelitian yaitu Vucia perlu memprioritaskan segmen 1 dengan karakteristik detail oriented, meningkatkan kualitas produk, menyediakan alat dan bahan dengan lengkap, melatih pegawai dalam hal teknik dasar dan design, memperbaiki fasilitas yang ada di studio, dan menyediakan layanan home service agar dapat menjangkau konsumen lebih banyak. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan marketing mix pada Vucia Nail en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610059
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account