Abstract:
Makanan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, sehingga banyak usaha makanan yang terus bermunculan dan berinovasi. Dapur Mama merupakan salah satu perusahaan makanan yang bergerak di bidang catering, nasi kotak, dan prasmanan di Kota Batam. Dapur Mama pada saat ini memiliki masalah yaitu terdapatnya loss profit. Setelah ditelusuri, hal ini disebabkan karena terdapat kapasitas pengiriman yang terbatas sehingga sering dilakukan penolakan terhadap pesanan yang masuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan outsourcing pengiriman. Dapur Mama perlu memilih jasa pengiriman untuk mengirim catering-nya.
Pemilihan jasa pengiriman akan menggunakan Multi Criteria Decision Making (MCDM) dengan metode Analytic Network Process (ANP). Penggunaan metode ANP dikarenakan terdapat hubungan dependensi antar kriteria. Decision maker diminta untuk memilih beberapa alternatif jasa pengiriman. Terdiri dari empat alternatif, yaitu alternatif A, B, C, dan D. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kriteria decision maker dalam memilih sebuah jasa pengiriman. Dari hasil wawancara teridentifikasi 3 kriteria dan 9 subkriteria. Setelah itu dilanjutkan dengan perancangan model ANP, dilanjutkan dengan pengisian kuesioner, uji konsistensi, perancangan supermatrix, dan perhitungan nilai normalized by cluster.
Dari hasil pengolahan data, didapatkan prioritas jasa pengiriman adalah alternatif D dengan nilai normalized by cluster sebesar 0,3095, alternatif A dengan nilai normalized by cluster sebesar 0,2439, alternatif C dengan nilai normalized by cluster sebesar 0,2353, dan alternatif B dengan nilai normalized by cluster sebesar 0,2114. Usulan yang diberikan kepada Dapur Mama adalah jasa pengiriman alternatif D.