dc.description.abstract |
Konsumsi kopi saat ini khususnya di Indonesia mulai menjadi pola hidup
masyarakat. Kementrian Pertanian Indonesia mencatat mulai periode 2016 hingga
2021 tren konsumsi kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan
pertumbuhan rata-rata sebesar 8,22% per tahun. Banyak pelaku bisnis yang
tertarik untuk membuka kedai kopi termasuk salah satunya adalah kedai kopi
Double J. Double J merupakan sebuah kedai kopi yang sudah didirikan sejak
Agustus 2020 terletak di Jalan Bojong Linggajati, Kabupaten Kuningan. Terdapat
kendala yang dialami oleh kedai kopi Double J yakni target penjualan yang belum
tercapai hingga hari ini serta terdapat saingan enam kedai kopi lain di sekitar
Double J. Berdasarkan hal tersebut Double J perlu melakukan perbaikan agar
dapat meningkatkan niat beli konsumen pada kedai kopinya serta kedepannya
mampu bersaing dengan kompetitornya.
Pada penelitian ini terdapat 6 buah variabel dan 5 buah hipotesis yang
mencakup faktor suasana, produk, harga, promosi & iklan, dan kenyamanan.
Langkah awal dilakukan penyusunan serta penyebaran kuesioner dan
pengumpulan data. Selanjutnya dilakukan penyeleksian data dan didapatkan
sebanyak 149 data yang kemudian diolah dengan metode PLS-SEM. Pengolahan
data yang dilakukan terdiri dari evaluasi model pengukuran dan evaluasi model
struktural. Hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan model valid dan
reliabel. Berdasarkan evaluasi model struktural, dari 5 hipotesis didapatkan 3
hipotesis yang mencakup faktor promosi & iklan, suasana, dan kenyamanan
memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli konsumen.
Dari hasil pengolahan data, diberikan tiga belas buah usulan perbaikan
yang disarankan kepada pemilik Double J yaitu dapat menggunakan tambahan
pada metode pembayaran dengan e-wallet, menggunakan fitur Instagram Ads,
merapikan konten pada Instagram Double J, bekerjasama dengan influencer untuk
mengiklankan Double J kepada masyarakat Kuningan, menambahkan informasi
tentang Double J pada brosur J&J Resto, memberikan promo produk beli 1 gratis
1, memberikan potongan bayar, menambahkan lampu pada bagian depan,
menambahkan papan keterangan pada bagian luar yang menyatakan Double J
sedang buka, memutarkan lagu pada beberapa titik di Double J, mengundang
penyanyi kafe, meletakkan plang penanda keberadaan Double J di persimpangan
jalan utama, dan meletakkan link lokasi google maps dari Double J pada bio
Instagram Double J. |
en_US |