Perancangan cermin iklan berbasis sistem otomasi sederhana

Show simple item record

dc.contributor.author Loice, Romy
dc.contributor.author Sadiyoko, Ali
dc.contributor.author Oey, Mario Victor Wijaya
dc.date.accessioned 2022-10-06T05:55:59Z
dc.date.available 2022-10-06T05:55:59Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.isbn 978-979-97986-8-8
dc.identifier.other maklhsc679
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13255
dc.description Makalah dipresentasikan pada Seminar on Application and Research in Industrial Technology, SMART in Conjunction with Sminar Teknologi Simulasi, TEKNOSIM. 3 Desember 2013. p. 61-66. en_US
dc.description.abstract Tingkat persaingan bisnis yang ketat dalam era globalisasi menuntut pelaku bisnis untuk mencari strategi pemasaran yang baru dan menarik. Iklan-iklan pemasaran produk dibuat semakin menarik. Namun dengan banyaknya iklan yang ditemui setiap hari, banyak konsumen yang tidak ingin terekspos oleh iklan. Oleh sebab itu, pengiklan selalu mencari cara kreatif untuk memaparkan iklan. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan media iklan kreatif berupa cermin yang berbasis sistem otomasi sederhana. Metode yang digunakan untuk melakukan proses perancangan produk cermin iklan adalah seven step design thinking yang dikombinasikan dengan metode lain. Perancangan dimulai dari identifikasi kebutuhan konsumen melalui wawancara, pembuatan konsep cermin iklan, penentuan komponen-komponen penyusun produk, dan diakhiri dengan pembuatan working prototype. Pemilihan komponen cermin dan pencahayaan dilakukan dengan menggunakan decision matrix diikuti dengan focus group discussion. Konsep sistem otomasi sederhana yang digunakan berupa penggunaan sensor infrared-proximity yang diintegrasikan dengan switch relay, sistem pencahayaan, dan teknik printing. Luaran dari penelitian ini adalah highfidelity prototype disertai dengan daftar komponen penyusun produk yang sesuai dengan konsep akhir produk. High-fidelity prototype yang dihasilkan merupakan prototipe cermin iklan yang memiliki bentuk, fungsi, dan spesifikasi dari konsep akhir terpilih. Prototipe yang dibuat dapat memperlihatkan iklan pada kondisi audiens jauh dan berfungsi sebagai cermin kembali pada saat audiens dekat. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Universitas Gadjah Mada en_US
dc.subject CERMIN IKLAN en_US
dc.subject OTOMASI en_US
dc.subject HIGH FIDELITY PROTOTYPE en_US
dc.title Perancangan cermin iklan berbasis sistem otomasi sederhana en_US
dc.type Conference Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account