Abstract:
Saat ini persaingan dunia industri menjadi semakin ketat. Agar dapat bersaing dan dapat terus mempertahankan eksistensinya, maka setiap perusahaan perlu melakukan pemasaran berupa promosi. Promosi bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kesadaran merek masyarakat akan keberadaan perusahaannya. Untuk melakukan pemasaran atau promosi perusahaan perlu mengeluarkan biaya. Tanpa pemilihan atau penggunaan media promosi yang tepat maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan akan percuma sehingga menimbulkan pemborosan yang tidak diperlukan. Agar tidak terjadi pemborosan biaya, maka perusahaan harus dapat menentukan media promosi yang paling tepat sehingga tujuan promosinya dapat tercapai dan juga tujuan perusahaan akan tercapai. Untuk menentukan media promosi yang tepat perusahaan perlu melakukan evaluasi atas upaya promosinya. Perusahaan perlu mengetahui efektivitas dari media promosinya dengan cara menilai atau mengukur tujuan dari promosinya. Apabila tujuan promosi tidak tercapai, maka media promosi yang digunakaan tidak/kurang efektif. Agar perusahaan dapat menilai efektivitas bauran promosinya, perusahaan perlu melakukan pemeriksaan operasional dimana pemeriksaan operasional merupakan alat bantu bagi manajemen perusahaan untuk mengetahui masalah apa yang sedang dialami perusahaan dan bagaimana cara mengatasinya. Selain itu juga dengan pemeriksaan operasional perusahaan dapat mengetahui kelemahan dari bauran/media promosi yang digunakan serta memberikan rekomendasi untuk memperbaiki masalah yang ada. Objek penelitian dalam skripsi ini adalah Hotel Frances yang terletak di Jalan Cipaganti Bandung. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif analitis, dimana metode ini memberikan gambaran umum mengenai objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada. Penelitian ini menggunakan 2 teknik pengumpulan data, yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Dalam penelitian lapangan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner untuk memperoleh data primer. Teknik sampling yang digunakan dalam kuesioner ialah nonprobabilistik sampling yaitu convenience sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berkaitan dengan tingkat kesadaran merek dan bauran promosi Hotel Frances, dapat diketahui dan disimpulkan bahwa Hotel Frances telah melakukan promosi dengan menggunakan bauran promosi berupa advertising, direct marketing,dan word of mouth. Namun bauran promosi tersebut tidak/kurang efektif, sebab baik masyarakat Kota Bandung maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung masih banyak yang belum mengetahui atau menyadari akan keberadaan Hotel Frances. Hotel Frances telah memiliki media promosi yang cukup baik dan sesuai dengan perkembangan zaman yaitu media promosi melalui media sosial, namun pengelolaan media promosinya saja yang masih kurang baik atau terarah. Sehingga perusahaan perlu melakukan perbaikan dengan cara mengelola dan memanfaatkan media promosi yang berupa media sosial dengan baik. Selain itu juga media promosi yang efektif dan menarik bagi masyarakat ialah word of mouth. Kondisi nyata yang ada di Hotel Frances adalah banyak pengunjung yang merasa tidak puas akan pelayanan yang diberikan sehingga hal ini dapat membuat pihak hotel rugi karena komentar negatif akan ketidak puasan terdapat di website online travel agent sehingga semua orang yang berkunjung ke halaman website online travel agent kolom Hotel Frances dapat membaca komentar tersebut. Selain itu juga komentar negatif tersebut menentukan tingkat atau posisi hotel dalam website online travel agent sehingga apabila semakin banyak komentar negatif maka semakin rendah tingkat atau posisi hotel dan kemungkinan dilihat oleh masyarakat akan semakin kecil. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperbaiki kualitas pelayanannya agar setiap pengunjung yang datang merasa puas dan memberikan rekomendasi positif kepada orang disekitarnya dan dapat meningkatkan kesadaran merek masyarkat dan jumlah calon pelanggan.