Abstract:
Siklus penjualan merupakan aktivitas penting dalam suatu perusahaan, karena dengan demikian perusahaan dapat mencapai tujuannya yaitu memperoleh laba dan untuk going concern. Oleh sebab itu diperlukan suatu pengendalian intern yang memadai untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam siklus penjualan. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengevaluasi pengendalian intern pada siklus penjualan pada perusahaan. Kedua untuk mengidentifikasi kemungkinan risiko kecurangan pada siklus penjualan perusahaan. Ketiga untuk menganalisis faktor risiko kecurangan yang telah diidentifikasi oleh elemen fraud triangle. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui wawancara, observasi, kuesioner, serta dokumentasi. Objek penelitian ini adalah PT MS yang merupakan perusahaan di bidang manufaktur dan penjualan katud slered (risleting). PT MS berlokasi di Jl. Joyodikromo, Kampung Hujang, Leuwigajah, Cimahi Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Data yang diperoleh kemudian dianalisa sehingga mencapai kesimpulan. Dalam penelitian ini diketahui bahwa penerapan pengendalian intern pada siklus penjualan di PT MS sudah efektif dengan menggunakan indikator lima komponen pengendalian intern yaitu: lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan. Meskipun masih terdapat beberapa kelemahan yang teridentifikasi, tetapi kelemahan tersebut tidak signifikan. Ditemukan faktor risiko kecurangan pada siklus penjualan yang teridentifikasi, tetapi dengan adanya kekuatan pengendalian intern PT MS telah menjadi compensating control, risiko kecurangan tersebut dapat diminimalkan. Berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan selama penelitian, maka diusulkanlah saran-saran yang dapat membuat PT MS lebih baik kedepannya.