Abstract:
Instagram sebagai salah satu bentuk media sosial, dapat menjamin terlaksananya diplomasi publik Korea Selatan terhadap Indonesia. Melalui akun instagram Korea Tourism Organization Indonesia (@ktoid) sebagai organisasi di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan, masyarakat Indonesia dapat dengan mudah memperoleh informasi dan menanamkan persepsi terhadap citra Korea Selatan. Interaksi antar negara tidak lagi terfokus pada diplomasi model lama yang cenderung memakan banyak waktu dan biaya, maka dari itu terbentuk diplomasi multi jalur sebagai perluasan dari diplomasi jalur pertama. Guna menjawab pertanyaan penelitian “Bagaimana upaya-upaya pemerintah Korea Selatan dalam melakukan nation branding terhadap publik Indonesia melalui akun Instagram Korea Tourism Organization?”, penelitian ini mengimplementasikan konsep diplomasi publik dan diplomasi multi jalur yang melibatkan peranan dari aktor non-negara dalam mempromosikan citra Korea Selatan, seperti organisasi Korea Tourism Organization Indonesia, warga negara Indonesia, figur publik Korea Selatan dan Indonesia, yang mengenalkan kebudayaan-kebudayaan serta destinasi wisata kepada masyarakat lainnya. Selain itu, media sosial instagram juga hadir sebagai alat diplomasi publik. Adapun fungsi dari instagram yaitu sebagai perantara yang mempercepat penyebaran pertukaran informasi maupun budaya antar masyarakat jaringan. Dengan demikian, proses nation branding terbentuk dengan lebih cepat. Berlandaskan konsep diplomasi multi-jalur, peneliti menganalisis upaya yang dilakukan aktor-aktor tersebut sesuai dengan kategori jalur sehingga dapat dilihat sebagai implementasi nyata dari diplomasi publik. Dari hasil penelitian, diplomasi multi-jalur merupakan bentuk diplomasi yang efektif untuk mencapai target yang lebih luas. Dapat terlihat bahwa aktor non-negara berperan secara signifikan dalam meningkatkan citra, khususnya dengan mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Korea Selatan. Selain itu dengan metode penelitian analisis konten, penelitian ini memiliki temuan penting bahwa instagram merupakan media yang efektif dalam meningkatkan citra Korea Selatan. Karena melalui instagram, aktor-aktor non-negara dapat dengan fleksibel mempromosikan kebudayaan dan menyebarkan informasi kepada publik Indonesia.