Abstract:
Kota Bandung dinobatkan sebagai salah satu jaringan kota kreatif yang dipilih oleh UNESCO Creative City Network dalam “City of Design”. Untuk mempertahankan predikat sebagai “City of Design” salah satu bentuk kolaborasi yang tercipta adalah DesignAction.bdg yang merupakan kegiatan pola pikir desain untuk dapat memecahkan permasalahan di Kota Bandung yang di dalamnya terdapat tiga aktor yakni, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung di Bidang Ekraf, Bandung Creative City Forum, Art Therapy Center Widyatama.
Konsep kota kreatif memiliki tiga indikator yakni, suatu kota harus menciptakan ekonomi kreatif, terdapat golongan atau individu kreatif, serta suatu kota harus mampu menciptakan lingkungan yang kreatif. Konsep triple helix merupakan sebuah potensi inovasi untuk pengembangan ekonomi dalam pengetahuan sosial melalui peran seperti universitas-industri-pemerintah dengan pola interaksi ruang pengetahuan, ruang kesepakatan, dan ruang inovasi. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif antara lain: (1) Wawancara mendalam dengan Disbudpar di Bidang Ekraf, Bandung Creative City Forum dan Art Therapy Center Widyatama. (2) Studi dokumen berdasarkan Berdasarkan Perpres No. 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019 dan RPJMD Kota Bandung 2018-2023.
Beberapa temuan dari penelitian ini berdasarkan indikator kota kreatif menghasilkan: (1) DesignAction.bdg telah cukup mendukung pembangunan Kota Bandung sebagai kota kreatif dengan sistem pola pikir desain yang menghasilkan solusi inovatif bagi permasalahan perkotaan di Kota Bandung. (2) Implementasi DesignAction.bdg berbasis triple helix antara Disbudpar Kota Bandung Bidang Ekraf, Bandung Creative City Forum, Art Therapy Center Widyatama, yang di mana ketiga peran tersebut bersinergi, memiliki kesamaan visi dan misi dalam hal pembangunan Kota Bandung sebagai kota kreatif. (3) Pembentukan ruang pengetahuan dalam DesignAction.bdg di mana ketiga pihak berpartisipasi dalam pembentukan ide dan gagasan terkait dengan tema DesignAction.bdg. Pembentukan ruang kesepakatan di mana ketiga pihak telah menyepekati suatu kesepakatan dan komitmen dalam hal pembangunan Kota Bandung sebagai kota kreatif melalui program DesignAction.bdg yang mengarahkan kepada produk akhir yakni, ruang inovasi di mana telah terciptanya inovasi atau hasil dari DesignAction.bdg antara lain, BANDROS, BOSEH, Bis Sekolah Gratis, dan tempat penyebrangan jalan yang memiliki desain unik salah satunya adalah desain ular tangga.