Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi minat warga dalam memanfaatkan aplikasi E-SAMBARA dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini menggunakan teori UTAUT yang ditulis oleh carter yang menjelaskan tentang enam faktor yang mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakan sebuah sistem yang baru dan penerimaan teknologi baru yaitu, Ekspetasi Kinerja, Ekspetasi Usaha, Pengaruh Sosial, Keyakinan Dalam Menggunakan Sistem, Persepsi Kontrol Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap PihakPerantara.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan sampling 50 orang. Teknis penyebaran kuesioner adalah dengan memanfaatkan jaringan WhatsApp Group yang dikuti oleh kebanyakan memiliki kendaraan dengan plat wilayah Jawa Barat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat warga Jawa Barat dalam menggunakan aplikasi E-SAMBARA sudah tinggi, dikarenakan kemudahan, kesederhanaan prosedur, dan penghematan waktu dalam menggunakan aplikasi E-SAMBARA. Berdasarkan analisa ditemukan bahwa dari 6 vaiabel yang diteliti, hanya 5 variabel yang menentukan minat warga dalam menggunakan E- E-SAMBARA yaitu, Ekspetasi Kinerja, Ekspetasi Usaha, Keyakinan Dalam Menggunakan Sistem, Persepsi Kontrol Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap Pihak Perantara Satu variable lain yaitu Faktor Pengaruh Sosial tidak terlalu dominan dalam menentukan minat warga menggunakan E-SAMBARA.