Abstract:
Longsoran merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi. Analisis ini meninjau longsoran yang terjadi di Jalan Tol Cipali KM 92+350 setelah terpasangnya sheet pile. Analisis yang dilakukan dengan metode back analysis pada program berbasis elemen hingga yang bernama PLAXIS 2D. Metode back analysis digunakan untuk mendapatkan parameter residual tanah dengan mengasumsikan faktor keamanan lereng (FK) 1, dimana lereng mengalami kelongsoran. Bidang gelincir dan mekanisme kelongsoran ditentukan berdasarkan data monitoring inclinometer yang diperoleh. Maka, perlu didesain perkuatan tambahan untuk mengatasi longsoran tersebut. Perkuatan yang dipilih adalah perkuatan tambahan bore pile dan ground anchor. Kemudian dilakukan perbandingan 4 jenis kombinasi perkuatan tambahan yaitu perkuatan bore pile saja, perkuatan bore pile + anchor di tengah lereng (GA-1), perkuatan bore pile + anchor di puncak lereng (GA-2), dan perkuatan bore pile + 2 buah anchor (di tengah dan di puncak lereng, GA-1 dan GA-2). Faktor keamanan, gaya dalam, dan peralihan ditampilkan setiap kombinasi perkuatan.