Abstract:
Toko X merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam kebutuhan alat tulis kantor. Meskipun sudah lama berdiri, minat beli konsumen pada Toko X cenderung lebih rendah dibandingkan dengan pesaingnya. Dilihat dari jumlah kunjungan yang terjadi, rata-rata jumlah kunjungan setiap harinya pada Toko X lebih sedikit dibandingkan toko lain yang menjual produk sejenis, serta jumlah rata-rata pengunjung yang melakukan pembelian tidak mengalami peningkatan dalam beberapa periode. Sehingga perlu dilakukan tindak lanjut agar Toko X dapat mengetahui faktor apa saja yang perlu dilakukan perbaikan dalam meningkatkan minat beli konsumen.
Dalam penelitian ini dilakukan pengujian untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli pada toko yang menjual kebutuhan alat tulis kantor. Pengujian dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor harga, kualitas layanan, lokasi, dan produk terhadap minat beli. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner menghasilkan total 258 responden. Hasil data dari kuesioner tersebut diolah menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square Modelling) .
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa faktor harga, kualitas layanan, dan produk memberikan pengaruh positif terhadap minat beli. Selain itu, dari besar efek, hasil observasi, dan hasil wawancara terhadap responden dan pihak Toko X dirancang delapan usulan perbaikan. Hasil usulan tersebut kemudian didiskusikan dan menghasilkan keputusan akhir yaitu 5 usulan diterima meliputi harga, promosi menggunakan media sosial, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pegawai, meningkatkan variasi produk, dan pegawai mengenakan pakaian yang seragam.