Abstract:
Nilai kapasitas jalan merupakan salah satu parameter lalu lintas yang penting bagi perencanaan dan perancangan suatu ruas maupun jaringan jalan. Terdapat beberapa metode untuk mengestimasi nilai kapasitas jalan, salah satunya adalah Sustained Flow Index (SFI). Tujuan dilakukannya studi ini adalah mengestimasi nilai kapasitas Jalan Tol Cipularang KM 79 menggunakan metode SFI dengan dua buah nilai ekivalen mobil penumpang (emp) yang berbeda serta kemudian membandingkan hasilnya. Studi ini diharapkan dapat menjadi alternatif metode dalam mengestimasi nilai kapasitas jalan serta menganalisis pengaruh perbedaan nilai emp yang digunakan terhadap nilai kapasitas jalan yang diperoleh. Data yang telah terkumpul kemudian dikelompokkan berdasarkan interval lima menit. Data kemudian dibagi dua kelompok besar, yaitu data per lajur serta data per arah. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa nilai kapasitas jalan Tol Cipularang KM 79 dengan menggunakan emp MKJI 1997 adalah sebesar 1430,4 smp/jam/2 lajur sementara jika menggunakan pce HCM 2000 sebesar 1987,2 smp/jam/2 lajur. Hal ini menunjukan bahwa nilai emp berperan signifikan dalam mengestimasi nilai kapasitas jalan dengan rentang selisih nilai kapasitas sebesar 8% hingga 40%.