dc.description.abstract |
Program studi Y di Universitas X memiliki 12 praktikum yang mendukung proses pembelajaran di program studi tersebut. Hasil observasi dan wawancara dengan mahasiswa (sebagai praktikan dan/atau asisten) dan dosen menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan sistem informasi, antara lain rekam pelanggaran dan rekam kehadiran praktikum yang tidak dapat diakses oleh mahasiswa secara real time. Selain itu, platform yang digunakan oleh setiap praktikum berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan sistem informasi yang terintegrasi untuk mendukung kegiatan praktikum program studi Y. Perancangan sistem informasi tersebut dilakukan dengan menggunakan metodologi System Development Life Cycle (SDLC) model spiral. Perancangan dilakukan melalui 4 kuadran spiral model, yaitu tahap pendefinisian tujuan dan alternatif solusi, risk analysis, pembuatan prototipe, dan dilakukan evaluasi dengan cara uji coba user. Pembuatan prototipe dilakukan dengan mengidentifikasi proses bisnis dan aliran data pada sistem saat ini, lalu dilakukan perancangan proses bisnis, data flow diagram, serta entity relationship diagram. Hasil perancangan tersebut akan digunakan untuk membangun prototipe fisik aplikasi sistem informasi praktikum program studi Y. Prototipe dibangun dengan menggunakan platform Appsheet serta google sheet dengan fungsi untuk pengisian untuk mencatat pelanggaran mahasiswa, mencatat kehadiran mahasiswa dan asisten, serta fungsi penarikan informasi. Perancangan aplikasi didasarkan pada bentuk hubungan antar entitas yang telah dirancang dan dibuat untuk dapat terintegrasi antar praktikum. Sistem rancangan saat ini akan mendukung pelaksanaan praktikum program studi Y secara real time terhubung dengan database. Uji coba dilakukan kepada tiga role user (praktikan, asisten, dan dosen) dan mendapatkan feedback positif mengenai cara kerja sistem informasi yang diusulkan. |
en_US |