dc.description.abstract |
Program studi X di Universitas Y memiliki 12 praktikum yang mendukung proses pembelajaran di program studi tersebut. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, diketahui bahwa sistem informasi nilai pada praktikum di Program Studi X belum baik. Beberapa keluhan yang sering muncul adalah masih terdapat informasi yang sulit diperoleh oleh mahasiswa secara periodik, tidak adanya notifikasi yang diperoleh dari sistem dan bentuk pemberitahuan yang kurang baik. Oleh karena itu, mahasiswa sulit memperoleh informasi nilai dan melakukan evaluasi dari hasil kerja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan sistem informasi nilai praktikum. Penelitian dilakukan dengan menggunakan salah satu teknik perancangan sistem yakni system development life cycle (SDLC). Perancangan menggunakan spiral development model yang merupakan salah satu model yang ada pada SDLC. Perancangan sistem informasi dilakukan dengan terlebih dahulu menganalisis sistem yang saat ini digunakan pada praktikum di Program Studi X. Kemudian setelah itu, akan diperoleh needs dari sistem informasi yang selama ini digunakan. Seteleh itu dilanjutkan dengan spiral development models yang terdiri dari empat fase yakni fase perencanaan dan penentuan alternatif solusi, lalu fase analisis risiko, kemudian fase pengembangan prototipe, serta fase implementasi dan evaluasi. Perancangan sistem informasi menggunakan sebuah platfom pembuatan aplikasi untuk mendukung proses pengembangan prototipe yaitu Appsheet. Sistem informasi yang dihasilkan penelitian ini memiliki dua rancangan aplikasi yang berbeda, yakni aplikasi untuk pengguna asisten praktikum dan aplikasi pengguna praktikan/mahasiswa. Prototipe dari kedua rancangan aplikasi tersebut kemudian dievaluasi. Hasil evaluasi melalui focus group discussion menunjukkan bahwa mahasiswa menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang nilai mereka serta asisten praktikum yang juga terbantu dengan adanya aplikasi input nilai yang dapat dilakukan lewat smartphone mereka. Dengan demikian, keluhan mengenai informasi nilai dapat diantisipasi untuk kemudahan para mahasiswa. |
en_US |