dc.description.abstract |
Supermarket yang ada di pasaran tentunya menjual produk berupa perishable product. Contoh dari perishable product yang dijual oleh supermarket yaitu susu kemasan 1 liter. Seringkali ketika mendekati atau bahkan sampai batas kadaluwarsa yang ada, susu kemasan 1 liter masih tidak dapat habis terjual. Dengan adanya penawaran diskon, maka produk susu kemasan 1 liter yang masih tidak dapat terjual akan menjadi lebih cepat terjual sehingga produk tidak akan terbuang secara percuma. Akan tetapi, tentunya perlu ditentukan periode waktu pemberian diskon dan persentase besaran diskon yang tepat untuk susu kemasan 1 liter sehingga net profit yang didapatkan menjadi optimal. Melalui penelitian yang dilakukan, akan dikembangkan model persediaan matematika perishable product (susu kemasan 1 liter) yang tepat dengan memperhatikan faktor kadaluwarsa dan faktor diskon. Berdasarkan model persediaan matematika yang sudah dikembangkan dan penentuan nilai-nilai untuk kondisi tingkat persediaan, periode waktu penawaran diskon, serta besaran diskon yang ditawarkan, maka akan dapat dihitung nilai net profit yang didapatkan untuk masing-masing kondisi yang sudah ada. Dengan diketahuinya nilai dari parameter-parameter yang dibutuhkan seperti harga jual produk, biaya pemesanan, biaya penyimpanan, frekuensi pemesanan, dan tingkat rata-rata permintaan maka akan dapat dikembangkan model persediaan perishable product yang tepat untuk menentukan nilai net profit yang optimal. Dari hasil pengembangan model persediaan matematika perishable product yang tepat, akan terdapat variabel-variabel keputusan yaitu tingkat persediaan produk, periode waktu penawaran diskon, dan besaran diskon yang akan ditawarkan untuk mendapatkan net profit yang optimal. |
en_US |