Abstract:
Pada jaman modern ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk mengurangi biaya-biaya yang perlu dikeluarkan, seperti biaya transportasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi besar biaya transportasi adalah waktu tempuh. Untuk mengurangi biaya transportasi yang harus dikeluarkan, maka perlu dilakukan pemilihan rute dengan tepat agar waktu tempuh yang dibutuhkan menjadi minimum. Heterogeneous Vehicle Routing Problem (HVRP) merupakan salah satu masalah optimasi kombinatorial yang berkaitan dengan menentukan desain rute yang optimal untuk digunakan oleh kendaraan-kendaraan yang berbeda jenis dalam melayani pelanggan-pelanggan.
HVRP berkonsentrasi pada batasan kapasitas kendaraan yang berbeda-beda. Waktu tempuh yang diperlukan kendaraan pada HVRP sama untuk semua jenis kendaraan. Padahal, di lingkungan perkotaan, kendaraan dengan kapasitas berbeda bisa memiliki waktu tempuh yang berbeda juga. Sampai saat ini, sudah ada banyak varian HVRP yang sudah diteliti. Akan tetapi, dari semua varian HVRP tersebut, belum ada varian HVRP yang mempertimbangkan waktu tempuh kendaraan di perkotaan berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan.
Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan model Heterogeneous Vehicle Routing Problem with Vehicle Dependent Travel Time (HVRPVDTT) untuk meminimasi waktu tempuh yang dibutuhkan. Model HVRPVDTT dapat memperhatikan adanya beda waktu tempuh yang dibutuhkan untuk setiap jenis kendaraan. Jika dibandingkan dengan HVRP, hasil dari HVRPVDTT dapat menghasilkan waktu tempuh lebih kecil, kesesuaian atau keakuratan waktu tempuh terhadap jenis kendaraan yang digunakan lebih baik, keputusan banyak kendaraan yang digunakan berbeda, serta rute perjalanan dari setiap kendaraan berbeda.