dc.description.abstract |
Perusahaan e-learning masuk ke dalam industri e-learning yang memiliki
peluang besar di masa yang akan datang. Jobhun merupakan sebuah startup yang
berjalan pada bidang e-learning dan telah beroperasi sejak tahun 2015 di Surabaya. Salah
satu layanan utama B2C yang difokuskan oleh Jobhun adalah Jobhun Academy, yaitu
online training dengan berbagai topik yang dapat menunjang skill. Jobhun masih
mengalami kesulitan untuk mencapai target pendaftar Jobhun Academy. Niat adopsi yang
rendah terhadap Jobhun Academy menjadi penyebab dari tidak tercapainya target
pendaftar karena terdapat beberapa kelas yang masih tidak sesuai dengan kebutuhan dan
minat pasar. Maka, harus diketahui lebih lanjut faktor-faktor yang berpengaruh pada niat
adopsi terhadap online training agar dapat diberikan usulan perbaikan pada Jobhun.
Model yang digunakan pada penelitian ini dikembangkan dari identifikasi
masalah serta penelitian pendahulu hingga terbangun 9 hipotesis yang melibatkan 9
variabel. Variabel content quality, perceived usefulness, perceived ease of use, enjoyment,
perceived fee, perceived value, social media marketing, dan brand image diduga memiliki
pengaruh terhadap adoption intention. Kemudian disusun dan disebar kuesioner hingga
terkumpul sebanyak 167 sampel. Pengujian model dilakukan menggunakan Partial Least
Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) yang terdiri dari evaluasi model
pengukuran dan evaluasi model struktural.
Hasil pengujian model dengan nilai total effect menunjukkan bahwa variabel yang
berpengaruh pada adoption intention adalah variabel content quality, perceived
usefulness, perceived ease of use, perceived fee, perceived value, dan social media
marketing. Berdasarkan dengan importance-performance map analysis (IPMA), perbaiakn
perlu diprioritaskan pada variabel perceived value dan social media marketing. Terdapat
13 usulan perbaikan yang direkomendasikan dan telah diterima oleh Pihak Jobhun untuk
diimplementasikan, di antara lain penggunaan platform sosial media lain, strategi
pemasaran yang sesuai untuk sosial media lain, dan lainnya. |
en_US |